Berita

Akuntansi Mengatasi Disrupsi

Blog Single

Program studi (prodi) Akuntansi Universitas Kristen Petra (UK Petra) memperingati hari jadi ke-25. Sebagai ucapan syukur, diselenggarakan rangkaian acara Accounting Birthday Party (ABC) yang digelar di Chameleon Hall Tunjungan Plaza 6 pada 9-11 Agustus 2019.

Rangkaian acara yang mengangkat tema “Trouvaille” ini terdiri dari bazaar, talkshow, seminar dan sebagai acara puncak berupa seremoni perayaan ulang tahun.

Ketua Program Studi Akuntansi, Dr. Juniarti, M.Si., Ak., CA., CMA., dalam sambutannya mengatakan “Tantangan ke depan dalam dunia akuntansi semakin kompleks, diperlukan sikap positif yang terbuka dengan revolusi industri dan tuntutan globalisasi.

Rektor UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., menyampaikan materi bertajuk “Millenial Campus”. Djwantoro menyampaikan mengenai disrupsi atau perubahan cepat yang dirasakan seluruh dunia saat ini, dimana beberapa profesi yang akan tergantikan teknologi. Djwantoro melanjutkan dengan memaparkan 10 skils yang dibutuhkan di tahun 2020 yang tidak tergantikan oleh automasi, yaitu: complex problem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with others, emotional intelligence, judgment and decision making, service orientation, negotiation, dan cognitive flexibility. Ia menyimpulkan, “Kesepuluh skills ini adalah higher order thinking and soft skill, kalau dalam 5W 1H, lebih cenderung ke Why dan How, dimana  hal ini bisa didapatkan melalui Whole Person Education”.

Sesi sharing dari pelaku industri kreatif dan pegiat akuntansi menampilkan Edo Novian, seorang food blogger dan pemilik akun kuliner populer @kokobuncit; serta Ary Daniel Hartanto, SE., Ak., CA., CPA SAS., alumni Akuntansi UK Petra dan mitra di salah satu firma akuntansi empat besar di Indonesia. Edo menyampaikan pada para peserta supaya tetap fokus dan bersemangat dalam kuliahnya. Ary menyampaikan pesan, “semua yang baik selalu melalui proses, yang penting carilah passion Anda, karena hal yang instan tidak akan memberi pembelajaran”. (noel/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.