Berita

Keahlian Digital dalam Menghadapi Era Disrupsi

Blog Single

Untuk memberikan kesempatan seluas mungkin bagi mahasiswa agar bisa mengembangkan pengetahuan dan keahlian, pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2019, UK Petra menerima kunjungan dari PT. Cyberindo Aditama (CBN), dalam rangka menjalin hubungan kerjasama.

Perwakilan dari CBN terdiri dari: Bayu Dani Danarto S., selaku Presiden Direktur; Harry Dharma Setiawan, selaku Head of Corporate Secretary; serta jajaran manajemen CBN. Mereka diterima di Ruang Rapat Umum gedung Radius Prawiro lantai 9, UK Petra, oleh Rektor UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., bersama dosen pengajar dari Program Studi Informatika, staff dari BAKP, serta Pusat Karir UK Petra. Dani mengatakan “Dunia pendidikan saat ini adalah salah satu yang mau atau tidak mau akan di-disrupt oleh perkembangan teknologi informasi. Mahasiswa kita nanti akan memiliki lebih banyak freedom dalam menentukan bagaimana mereka akan belajar. Perkembangan  e-learning sudah sampai pada titik di mana mahasiswa bisa memilih setiap pokok bahasan yang mereka inginkan”.

Djwantoro menyatakan persetujuannya atas pernyataan tersebut, “Kami sendiri memang juga harus banyak berubah. Kami mengadakan workshop untuk merubah kurikulum. Termasuk di dalamnya memasukkan magang ini agar menjadi pilihan yang lebih luas. Selama ini magang belum menjadi sesuatu yang wajib bagi semua program studi, panjangnya juga masih bervariasi. Rasanya memang mau tidak mau kita harus setup magang yang durasinya lebih panjang, dan di tempat magang yang tepat. Memang dengan perubahan-perubahan yang ada, relasi dengan industri memang harus lebih dekat”.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan presentasi tentang CBN. Harry, dalam presentasi tersebut memperkenalkan CBN sebagai perusahaan yang awalnya bergerak sebagai internet service provider (pemberi layanan internet) sekarang menjadi digital service provider, yaitu penyedia layanan dan infrastruktur digital. Setelah presentasi, pertemuan ini diakhiri dengan penandatanganan memo kesepahaman antara UK Petra dan CBN yang membuka peluang bagi mahasiswa UK Petra untuk magang di CBN. Harry, selaku Head of Corporate Secretary, mewakili CBN kemudian memberikan kuliah umum di Program Studi Informatika. Harry memaparkan bahwa dalam dunia digital, profesi yang sangat dibutuhkan industri adalah: programmer, data analyst, data scientist, serta user interface & user experience designer. Harry juga menyampaikan pentingnya spesialisasi dalam satu keahlian khusus, ia mengatakan “Pilih salah satu mata kuliah yang kalian sukai, lalu dalami terus. Misalnya, coding. Maka coding, dan coding seterusnya sampai kalian ahli”. Jemima C.S., seorang mahasiswa Informatika semester 6 yang menghadiri kuliah umum ini merasakan manfaat dalam kuliah tersebut, katanya “Saya mendapatkan informasi bahwa trend digital industry sangat berkembang khususnya di Indonesia. Salah satu contohnya adalah pembangunan infrastruktur di Indonesia yang penuh dengan tantangan. Namun dari tantangan itulah muncul banyak peluang juga bagi pemuda pemudi Indonesia untuk menciptakan solusi dan menjadi startup di Indonesia”. (noel/padi)

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.