Berita

Mahasiswa UK Petra Belajar Start-Up di Yogyakarta

Blog Single

Petra Career Center atau Pusat Karir Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali menggelar acara dua tahunannya yaitu Career Camp 2019. Kali ini, Career Camp bertajuk “Power Up Your Start-Up” ini dilaksanakan di Yogyakarta pada 5-9 Agustus 2019. Sebanyak 35 mahasiswa dari berbagai program studi dan program mengikuti kegiatan ini. “Selama lima hari, para peserta yang terbagi menjadi 8 kelompok belajar bagaimana memulai bisnis start-up dari berbagai pelaku bisnis di Yogyakarta, melalui pembelajaran dan workshop dari para pembicara, serta sharing dari pemilik usaha,” ujar Jessie Monika, S.S., selaku koordinator acara Career Camp 2019.

Para peserta berkesempatan belajar dengan mengunjungi berbagai usaha rintisan berbagai bidang, seperti Coklat Monggo, Creacle Studio, Srengenge Idealabs, Flying Baloon Puppet, serta Dagadu. Beberapa materi yang dibawakan meliputi potensi Start-Up industri kreatif di Indonesia, Legal Aspect (HAKI & Copyright), Financial Planning, Introducing your brand to the target market, Studi Kelayakan Bisnis, Building & Developing Your Brand, serta riset sebelum membuka bisnis.

Para peserta juga diajarkan untuk mandiri, mereka diberi modal sekitar Rp 1.000.000,- untuk masing-masing kelompok. Uang ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk keperluan selama di Yogyakarta, mulai dari makan hingga biaya transportasi. Tiap kelompok didampingi oleh mentor dan diminta merencanakan project start-up mereka sendiri, dan mempresentasikan proposal bisnisnya di hadapan para juri dari kelima perusahaan tersebut. “Para peserta juga berkesempatan untuk mengonsultasikan business project mereka dengan Dennis Adishwara, aktor sekaligus CEO dari Rombak Media. Kelompok yang terbaik, nantinya akan diikutsertakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa - Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh DIKTI,” ungkap Jessie. (rut/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.