Berita

Memperkenalkan Budaya dan Bahasa Korea secara Luas

Blog Single

King Sejong Institute (KSI) adalah lembaga pendidikan bahasa Korea yang dibentuk oleh pemerintah Korea Selatan dalam upaya mengenalkan bahasa dan budaya Korea. Dalam upaya memperkenalkan bahasa dan budaya Korea di Surabaya, KSI Universitas Kristen Petra (UK Petra) menyelenggarakan “Korean Culture Day with UNAIR” pada 26 April 2019 di Fakultas Budaya Universitas Airlangga.

Dr. Liliek Soelistyo, M.A. selaku Direktur KSI Surabaya dalam sambutannya menyampaikan, “Mulai tahun 2018, KSI menjangkau kampus-kampus di sekitar UK Petra. Pada tahun 2018 Korean Culture Day diadakan di Universitas Pembangunan Negeri (UPN), tahun 2019 ini di Universitas Airlangga (Unair). Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan budaya dan bahasa Korea serta mensosialisasilkan program KSI kepada masyarakat”.

Sekitar 300 orang pengunjung yang kebanyakan adalah mahasiswa dari berbagai universitas di Surabaya dan sekitarnya memenuhi lokasi acara. Acara dibuka dengan penampilan tari modern KPOP, disusul dengan tutorial makeup ala Korea. Berbarengan dengan acara di panggung, pengunjung dapat merasakan suasana budaya Korea melalui Little Town Korea yang berwujud stan-stan kecil yang menawarkan barang-barang khas Korea di sekitar lokasi acara. Di stan-stan ini pengunjung bisa mendapatkan kipas tradisional dengan kaligrafi Korea bertuliskan nama masing-masing pengunjung, belajar menulis nama sendiri dengan memakai cap Hangeul (abjad bahasa Korea), mencoba baju tradisional Korea yang disebut Hanbok, berfoto dengan latar belakang pemandangan kota dan alam Korea, serta berbelanja berbagai cinderamata Korea.

Budaya populer Korea tampak telah dikenal saat pengunjung antusias menyanyikan serta menirukan gerakan tari lagu “Love Shot” dari band EXO serta “Idol” dari band BTS. (noel/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.