Berita

Sff 2019 Ajak Siswa Belajar Sambil Nonton Film

Blog Single

Perpustakaan Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali menggelar Science Film Festival (SFF) 2019 berkerja sama dengan Goethe-Institute, Pusat Kebudayaan Jerman. Kegiatan yang menarik ini di gelar selama dua hari berturut-turut pada 7-8 November 2019 mulai pukul 08.00-10.00 WIB dan 10.30-12.30 WIB di Auditorium Gedung EH lantai 2 UK Petra. 

“Festival internasional tahunan ini berupaya menggabungkan antara pendidikan dan hiburan. Sehingga belajar mengenai Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) menjadi sangat menyenangkan dan tidak membosankan.”, urai Dian Wulandari, S.I.I.P., selaku Kepala Perpustakaan UK Petra.

Peserta yang hadir di Science Film Festival 2019 kali ini mencapai 900 pelajar yang kemudian dibagi dalam dua kelompok besar siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Surabaya. "Science Film Festival 2019 diorganisir oleh Goethe Institut dan datang lagi tahun ini di Surabaya. Siswa-siswi dari berbagai SD, SMP dan SMA di Surabaya bisa menikmati film, eksperimen dan kursus bahasa Jerman singkat di lokasi yang berbeda-beda," ungkap Maximilian Harnecker sebagai Kepala Bagian Bahasa di Wisma Jerman, Surabaya saat memberi sambutan.

Mengambil tema "Humboldt and The Web of Life", peserta diajak untuk mempelajari ekosistem alam sebagai jaring-jaring kehidupan (the web of life) yang jika terjadi kerusakan di satu tempat maka akan berdampak pada tempat lain di alam. Hal ini diteliti oleh Alexander von Humboldt yang hidup pada masa abad ke-18, harapannya para anak muda akan semakin sadar mengenai isu lingkungan hingga pelestariannya.

“Aku senang sekali bisa mengikuti acara ini, film yang ditayangkan seru. kita juga mendapatkan sebuah pelajaran baru yang belum pernah aku dapatkan di sekolah" ungkap Arief siswa dari SDN Siwalankerto 2 Surabaya.

Para peserta dijadwalkan menyaksikan sejumlah judul film, diantaranya: Brain, Nanogirl and the Imaginauts, Earth to Future: A Future Without Plastic, The Show with the Elephant, Your Reporters: Scrap Everything?, What You Can Get out of Broken Electrical Appliances, Ralph and the Dinosaurs dan The Show with the Mouse: Urban Gardening.

Tidak hanya pemutaran film saja, di arena SFF 2019 juga digelar pameran, demo eksperimen, hingga kompetisi yang sesuai dengan tema. Materi pameran antara lain tentang Coral Experiment, Plastik 3D Infographic, Sea Level Simulation, Basic Science Infographics dan Solar Charger. (mgn/Aj)

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.