A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Mechanical@Petra Homecoming 2017

November 06, 2017

Program Studi Teknik Mesin (PSTM) Universitas Kristen Petra (UK Petra) telah berdiri sejak tahun 1982. Secara konsisten memberikan pendidikan selama 35 tahun adalah suatu prestasi dan indikator kualitas pendidikan yang disediakan. Selain itu, inovasi dan konsistensi ini juga mengindikasikan relevansi para lulusan program studi ini dalam dunia profesional dan juga perindustrian. Untuk merayakan momen berbahagia ini, Program Studi Teknik Mesin U.K. Petra menggelar rangkaian acara Lustrum Ketujuh pada tanggal 27 s/d 29 September 2017. Perayaan ulang tahun ini adalah kali pertama diselenggarakan oleh PSTM dengan mengangkat tajuk “Mechanical@Petra Homecoming 2017”. Tajuk ini memiliki makna bahwa acara ini adalah momen dimana keluarga besar PSTM, khususnya para alumni bisa “pulang ke rumah”, yaitu kampus UK Petra tercinta. Diharapkan dengan berkumpulnya alumni, dosen, dan mahasiswa, dapat terjalin kolaborasi yang positif dalam lingkungan keluarga besar ini.

 

Rangkaian kegiatan Lustrum VII ini dimulai dengan upacara pembukaan yang diadakan di selasar lantai 1 gedung P pada tanggal 27 September. Dalam upacara pembukaan ini, rangkaian acara secara simbolis dibuka dengan pemotongan pita oleh Dr. Gan Shu San, M.Sc., selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri UK Petra. Setelah upacara pembukaan dilanjutkan dua kegiatan yang bersamaan yaitu: soft launching Bengkel KOMETRA dan Alumni Expo 2017. Dalam kegiatan soft launching Bengkel KOMETRA, diadakan pameran produk otomotif dan test drive motor; dan juga servis murah untuk motor dan mobil. Servis murah motor dan mobil dikerjakan oleh para mahasiswa sebagai bentuk pelayanan dan juga peluang berlatih bagi mereka. Alumni EXPO adalah pameran yang memberikan kesempatan bagi alumni untuk memperkenalkan produk-produk atau bisnis yang dijalankannya.

Pemuncak rangkaian Lustrum ini adalah Reuni alumni Jurusan Teknik Mesin UK Petra semua angkatan yang dilaksanakan pada tanggal 29 September 2017 di Auditorium Gedung EH lantai 2 UK Petra. Reuni ini dihadiri oleh sekitar 200 orang alumni dari angkatan pertama (1982) sampai dengan lulusan terbaru. Dalam reuni ini, para mahasiswa dapat berkenalan langsung dengan alumnus yang sudah mencatatkan kesuksesan di dunia profesional Teknik Mesin. Tercatat ada beberapa alumnus jurusan ini yang menjadi pimpinan bidang teknik di perusahaan-perusahaan kelas dunia, sebagai contoh: Assistant Director PT. Panasonic Manufacturing Indonesia dari angkatan 1988. Selain itu, tidak sedikit juga alumnus yang berhasil dalam membangun bisnis tekniknya, seperti Antonius Hartono pendiri PT. Unitech Engineering yang bergerak di bidang pembuatan mesin manufaktur yang merupakan alumnus dari angkatan 1989. Dr. Ir. Ekadewi Anggraini Handoyo, M.Sc., sebagai Kepala Program Studi menyampaikan bahwa gelaran Lustrum VII ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi yang hangat bagi keluarga besar Teknik Mesin UK Petra. (noel/dit)


Berita lainnya