Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

DKV UK Petra Dukung Perubahan Image Dolly Lewat Fashion Show

January 30, 2018

Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra (UKP) bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya menyelenggarakan acara bertajuk “Terima kasih Bunda Semangatmu adalah Inspirasi dan Motivasi Kami” yang diadakan dalam rangka merayakan hari Ibu. Acara ini digelar pada Kamis, 21 Desember 2017 di Dolly Saiki Point, Jalan Putat Jaya Lebar, Surabaya.

Berangkat dari tugas akhir karya salah satu alumni DKV UK Petra, Gracia  Asterina, yang berjudul Dollymorphosa, DKV UK Petra mewujudkannya dalam bentuk fashion show.

Konsep Dollymorphosa adalah upaya mempromosikan produk batik dari tiga usaha kecil dan menengah (UKM) Rumah Batik yaitu Alpujabar, Jarak Arum dan Canting Surya, yang dikemas melalui fashion fotografi. Gracia mencoba menonjolkan nilai batik-batik yang unik yaitu selain dikerjakan oleh masyarakat kampung Dolly, juga menceritakan latar belakang kehidupan dan budaya disana melalui motif-motif batiknya. Gracia menampilkan model mengenakan batik dengan latar belakang kampung Dolly yang legendaris. Dolly dan metamorphosa adalah konsep yang diusung Gracia, yang melekat di setiap detail fotonya, mulai dari pilihan busana yang dikenakan model, pemilihan lokasi bahkan simbolisasi waktu, pagi dan malam. “Saya tertarik mempromosikan tiga UKM dari Rumah Batik Dolly ini pada masyarakat luar sebab kualitasnya sangat baik akan tetapi promosinya kurang menarik. Saya memilih jalur promosi ke dalam tampilan visual fashion fotografi yang segar dan fashionable dengan menyasar kalangan anak muda”, urai Gracia.

Tujuan acara Dolly Saiki Point adalah membantu meningkatkan promosi UKM Dolly terutama batik, sepatu dan tas. Promosi dikemas ke dalam bentuk penyelenggaraan acara yang menampilkan hasil karya kolaborasi dosen, mahasiswa dan pemilik UKM. Acara Fashion show  dibawakan oleh enam model yang  mengenakan produk batik dari UKM Rumah Batik. Bersamaan dengan itu dipajang kurang lebih 15 karya fashion fotografi Gracia Asterina.

Fashion show ini diselenggarakan sekaligus menjadi penutup rangkaian acara Dolly Saiki Point. “fashion show UK Petra menampilkan enam model yang akan mengenakan 12 baju dari bahan batik dan sepatu UKM di Dolly. Enam baju diantaranya merupakan baju yang ada di karya Gracia Asterina”, ungkap Luri Renaningtyas., S.T., M.Ds, dosen DKV dan penanggung jawab acara.

Kegiatan ini sekaligus mengkampanyekan campaign zero waste, yaitu tidak membuang kain sama sekali. Rizki Ramadityo, mahasiswa DKV semester 7 yang bertugas menjadi stylish dalam acara fashion show, membuat pakaian zero waste yang dikenakan para model, yaitu kain dibentuk menjadi baju, celana, kulot, dress, dan lainnya tanpa perlu dijahit dan membuang kainnya.“Saya ingin mengangkat nilai jual dan merubah image Dolly terutama ingin membuat batiknya dikenal masyarakat luas” ujar Rizki Ramadityo. (rut/dit)


Berita lainnya