Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Dua Tahun Laboratorium Retail Penuhi Kebutuhan Praktik Mahasiswa

March 26, 2018

Sejak diresmikan pada 27 Februari 2016 lalu, Laboratorium Retail milik Program Manajemen Kepariwisataan Universitas Kristen Petra (UK Petra) telah menyelenggarakan berbagai macam event untuk menarik pengunjung dan memperkenalkan produk Hush Puppies. Event-event ini merupakan garapan para mahasiswa yang tergabung dalam mata kuliah Operasional Outlet. Sebanyak kurang lebih 55 mahasiswa dibagi dalam delapan kelompok, masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk mengelola laboratorium selama dua minggu. Masing-masing kelompok juga harus membuat event yang menarik bagi warga kampus UK Petra.

Event terbaru yang diselenggarakan adalah  Mix & Match Contest pada 27 Februari – 2 Maret 2018. Kontes ini terbuka bagi semua pengunjung yang tertarik untuk berpartisipasi. Peserta bebas memilih produk-produk Hush Puppies, mulai dari pakaian hingga asesoris dan mencocokkannya sesuai selera. Sebelumnya peserta mengambil voucher yang bertuliskan budget mulai dari Rp. 500.000,- sampai dengan Rp. 3.000.000,-, produk-produk yang dipilih peserta tidak boleh melebihi budget tersebut. Selanjutnya peserta berfoto dan diunggah ke akun istagram milik Laboratorium Retail. Peserta dengan jumlah likes terbanyak berhak menerima voucher sebesar Rp 250.000,- yang dapat digunakan untuk membeli produk Hush Puppies di Petra Hush Puppies. Total peserta yang berpartisipasi dalam kontes ini sebanyak 11 peserta.

Sejak awal, Laboratorium Retail didirikan untuk menunjang salah satu kurikulum dalam Program Manajemen Kepariwisataan Universitas Kristen Petra (UK Petra) yaitu Applied Course in Mall and Retail Management.  Semakin marak dan berkembangnya sektor bisnis di bidang shopping mall dan industri retail memunculkan peluang kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di bidang retail. Hush Puppies dipilih karena merupakan brand yang cukup support tehadap pendidikan. Laboratorium Retail yang terletak di gedung E UK Petra ini beroperasi setiap hari Senin-Jumat pukul 09.00-17.00 WIB.

Sejak angkatan 2015, semua mahasiswa Manajemen Kepariwisataan mendapat kesempatan untuk praktik di Laboratorium Retail. Mahasiswa semester tujuh juga bisa melaksanakan magang di laboratorium retail ini selama enam bulan. Denny Wongso Kusumo, S.E., MBA., selaku dosen pengampu mata kuliah Operasional Outlet menyatakan bahwa melalui praktik di Laboratorium Retail ini, mahasiswa bisa mendapatkan banyak hal mulai dari kemampuan mendisplay produk, melayani konsumen, dan mengatur stock. “Dulu pernah ada kejadian barang hilang, terdapat selisih jumlah pendapatan dan stock, mahasiswa harus mengganti. Melalui kejadian ini, mereka juga belajar lebih bertanggung jawab,” imbuh Dosen yang juga merupakan Store Supervisor Laboratorium Retail ini. (rut/Aj)


Berita lainnya