Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Bharatika Creative Design Festival, Ajang Salurkan Kerinduan

April 13, 2018

Tahun 2018, Bharatika Creative Design Festival kembali digelar oleh Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Kristen Petra (UK Petra). Kompetisi yang diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari berbagai negara mulai dari Indonesia, Taiwan, China, Singapura, Malaysia, dan Australia ini berlangsung pada 6—8 April 2018 di Gedung Balai Pemuda. Kompetisi ini digelar sebagai wadah aktualisasi diri di bidang akademis terutama di bidang desain agar peserta dapat menunjukkan sekaligus mengembangkan potensi diri, selain itu juga dapat menambah wawasan peserta di bidang industri kreatif. Serangkaian kegiatan menarik digelar dalam Bharatika Creative Design Festival 2018 kali ini yaitu kompetisi, talk show, workshop, coaching class, creative market, pameran, meet the judges hingga awarding night. Bharatika Creative Design Festival 2018 mengangkat tema “Rindu” yang bisa berarti dua hal yaitu kangen atau impian. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong orang-orang untuk menyalurkan impiannya. “Setiap orang memiliki kerinduan masing-masing, orang-orang desain dan orang-orang kreatif idealnya dapat melepaskan kerinduan mereka di Bharatika dengan mengikuti rangkaian kegiatan ini,” ungkap Margareth Thresea Wijaya selaku ketua acara Bharatika Creative Design Festival 2018.

Terdapat dua kategori dalam Bharatika 2018 yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mahasiswa yang kemudian dibagi menjadi 12 cabang lomba. Untuk kategori mahasiswa cabang yang dilombakan antara lain Corporate Identity, Print Ad, Conceptual Photography, Packaging Design, Integrated Campaign, Apartement Lobby Design, Visual Merchandising, Lamp Armature Design, Chair Design dan Innovation Challenge. Sedangkan kategori siswa SMA, cabang yang dilombakan yaitu Photography dan illustration. Lima karya terbaik dari setiap cabang lomba yang ada dipamerkan dalam kegiatan ini, selain itu terdapat 20 pameran karya kreatif berupa dua dimensi dan pameran karya berprestasi mahasiswa FSD UK Petra.

Workshop yang diselenggarakan  di Bharatika Creative Design Festival  adalah  workshop “Enamel Pin Trendi, Buatan Sendiri!” oleh Elaboure dan workshop “Seru-seru Bareng Buat Motion Graphic!” oleh FJORD Motion. Workshop ini menjadi wadah bagi insan kreatif untuk belajar dan praktik secara langsung dari orang-orang yang telah lama bergerak di bidang industri kreatif. Dalam Bharatika Creative Design Festival  juga ada talkshow  tentang “Bekal Dunia Desain dalam Era Global” dengan narasumber Arief Muhammad yang merupakan CEO PETAKUMPET, sebuah perusahaan periklanan di Yogyakarta. Tidak hanya itu, Dhany Virdian, Creative Director of Narrada Communication dan Mario Tetelepta, Associate Director of Branding Origination di MakkiMakki juga menjadi narasumber dalam talkshow kedua yang mengangkat topik “Menguak Rahasia Innovator”. “Melalui workshop dan talkshow ini kami berharap peserta bisa banyak mendapatkan ilmu dan pengetahuan langsung dari orang-orang yang memiliki pengalaman berkecimpung dalam industri kreatif,” ujar Margareth.

Sebagai penghargaan atas karya para finalis lomba, finalis berhak mengikuti kelas pembinaan oleh Eka Sofyan Rizal yang bertemakan “Get Closer to Your Client by Design”. Seluruh rangkaian kegiatan Bharatika Creative Design Festival 2018 ditutup dengan penganugerahan hadiah bagi para pemenang dalam acara Awarding Night yang dihadiri juga oleh Triawan Munaf dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). (rut/dit)

 


Berita lainnya