Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Communiphoria 2018: SATURATION – Semakin Inovatif dari Acara hingga Peserta

April 23, 2018

Selama kurang lebih 7 bulan mempersiapkan dan melaksanakan, akhirnya rangkaian acara Communiphoria: SATURATION yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen (UK) Petra telah usai. Acara yang merupakan agenda tahunan untuk memperkenalkan Fakultas Ilmu Komunikasi kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) ini telah menarik minat siswa-siswa dari berbagai kota di Indonesia. Communiphoria dikemas dalam rangkaian workshop dan lomba-lomba seperti Public Relation, Radio Announcer, TV Production, dan Journalist. Grand Final dari acara Communiphoria telah dilaksanakan dua hari, Jumat (23/03) di mall Lenmarc Surabaya untuk penjurian Public Relation dan Journalist dan Sabtu (24/03) di UK Petra untuk penjurian Radio Announcer dan TV Production.

Keseruan acara Communiphoria dari tahun ketahun selalu dinanti siswa-siswa SMA. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa SMA yang mendaftar kembali setelah mengikuti acara ini tahun lalu. “Pengalaman sangat berharga dan kami perlu terus mengasah kemampuan dalam lomba ini,” sahut Nico Kusuma, salah satu peserta dari SMAK St. Yoseph saat ditanya mengapa mengikuti acara Communiphoria tahun ini. Nico dan timnya mengaku masih belum puas dengan hasil tahun lalu. Ada juga yang pertama kali mengikuti dan mengaku tidak menduga acara ini ternyata seru dan menarik. “Acara ini ternyata sangat menarik dan kakak-kakak panitia yang ramah dan sangat menolong,” jawab Josephine Kurniawan, salah satu peserta dari SMA Kristen Petra 1 saat ditanya kesan pertama tentang acara Communiphoria.

Sebagai ketua pelaksana, Felicia Luvena mengaku tidak menyangka antusiasme peserta Communiphoria tahun ini  dan peserta semakin inovatif dari tahun-tahun sebelumnya. “Melihat hasil pekerjaan peserta tahun ini, terasa totalitasnya. Pengambilan gambar dengan pesawat radio kontrol untuk sekelas anak SMA sangat inovatif. Peserta tahun ini mampu memaksimalkan penggunaan teknologi yang ada,” sahutnya.

Rangkaian acara dari Workshop hingga lomba yang diadakan Communiphoria: SATURATION ini juga sebagai ajakan untuk menemukan dan mengembangkan bakat siswa-siswa SMA. Vinny Victoria, siswa SMA Kristen Gloria 2 yang mengikuti lomba TV Production mengaku mendapat banyak hal baru tentang bidang pekerjaan di Ilmu Komunikasi. “Setelah mengikuti acara ini, saya mendapatkan ilmu baru, seperti reporter ternyata memerlukan pengetahuan luas dan kemampuan teknis”. Tuturnya.

Kemenangan tahun ini diraih oleh SMAN 3 Denpasar untuk posisi juara umum pertama dan kedua. Untuk juara ketiga diraih oleh SMA Kr. Petra 5 Surabaya. Tidak hanya itu, Communiphoria juga memiliki kategori pemenang lainnya yaitu Best TV Feature yang diraih SMAK St. Yoseph tim 1, Best Radio Feature yang diraih oleh SMAN 3 tim 2, Best Campaign Proposal yang diraih oleh SMAK St. Yoseph tim 1, dan Best Newsletter yang diraih oleh SMAN 3 tim 1.

Dalam pesannya, Lucia Luvena berkata “saya berharap acara ini memberikan manfaat dan teman-teman SMA dapat menggali dan mengembangkan kemampuannya di bidang komunikasi”. (Fanny Lesmana/dit)


Berita lainnya