Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Gelar Rangkaian Acara yang Dipersembahkan untuk Perempuan

May 22, 2018

Dalam rangka memperingati hari kartini pada 21 April 2018, perpustakaan Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggandeng seorang dosen Desain Komunikasi Visual (DKV), Maria Nala Damayanti, S.Sn., M.Hum. untuk mengadakan serangkaian acara bertajuk “/empuan /empatan” (Perempuan Perempatan). Rangkaian acara ini terdiri dari berbagai kegiatan diantaranya workshop art therapy, pameran karya, teatrikal dan musikalisasi puisi, serta diskusi dan pemutaran film Marlina, Pembunuh dalam empat babak. “Tidak dapat disangkal perempuan masa kini menghadapi tantangan yang lebih besar dibanding satu dekade lalu. Oleh karena itu dirasa perlu melakukan kegiatan dimana perempuan bisa mendapatkan wawasan baru yang dapat memantapkan peran dan peluangnya sebagai bagian dari masyarakat dengan tidak kehilangan jati dirinya sebagai perempuan merdeka,” ungkap dosen  DKV ini.

Workshop art therapy dilaksanakan pada 18 April 2018 dan diikuti oleh ibu-ibu dari pengajian ex-dolly, ibu-ibu dari wilayah siwalankerto, mahasiswa, dan juga ibu-ibu dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surabaya. Drs. Heru Dwi Waluyanto, M.Pd. memimpin jalannya workshop art therapy. Art therapy merupakan kegiatan terapi yang menggunakan proses kreatif yaitu seni untuk membantu pemulihan fisik, mental, dan emosi seseorang.  “Kali ini sejenak ibu-ibu meluangkan waktu untuk fokus pada diri sendiri, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu ibu dan perempuan untuk lebih berani bereskpresi menyalurkan ide dan pikirannya secara estetis,” ujar Maria Nala Damayanti, S.Sn., M.Hum. dalam sambutannya.

Art therapy juga bagian dari pendidikan seni dan dapat mendiagnosis, memenyembuhkan, dan memulihkan berbagai macam penyakit fisik maupun psikis. Workshop art therapy ini bertujuan agar peserta dapat meluapkan perasaannya melalui seni. Selain itu dapat menjadi sarana bagi para peserta menikmati “me time” melalui karya seni. Bekerja sama dengan Rumah Belajar UK Petra, dalam workshop ini, peserta dapat dengan bebas mengekspresikan diri melalui karya, boleh dengan kolase, menggambar, mewarnai, menempel, dan lain-lain. Selain itu, peserta juga bebas memilih bahan-bahan yang akan digunakan.

Hasil karya peserta workshop art therapy ini dipamerkan dalam pameran karya di perpustakaan UK Petra pada 20-30 April 2018. Selain karya peserta art therapy, karya-karya ilustrasi buatan Maria Nala Damayanti, S.Sn., M.Hum. dan sebuah ruang instalasi yang disebut dengan diary visual. Diary visual ini berisikan barang-barang yang ditemukan di tempat penelitiannya, yaitu ex lokalisasi dolly yang menekankan pada gejolak rasa dan pikir pengunjung setelah melihat, mengalami serta menjalani peran sebagai perempuan dan ibu dengan segala dinamikanya.Pada 20 April 2018, bertepatan dengan pembukaan pameran dan rangkaian kegiatan perempuan perempatan, dilaksanakan monolog berjudul perempuan perempatan. Setelah itu disusul dengan musikalisasi puisi dari tim rumpun padi dari unit kemahasiswaan teater UK Petra.

Pada 27 April 2018, diadakan diskusi dan pemutaran film Marlina, Pembunuh dalam empat babak. Secara keseluruhan, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak mengisahkan tentang keberanian dan peran wanita dalam kehidupan, ditambah dengan masih banyaknya laki-laki yang mengobjektifikasi perempuan dan merasa lebih superior. (rut/padi)


Berita lainnya