Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Tingkatkan Kepedulian Terhadap Kanker Payudara Melalui “Nggak Cuma Oktober”

July 03, 2018

Bulan peduli kanker payudara biasanya diperingati setiap bulan Oktober, tetapi para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar kampanye Breast Cancer Awarness bertajuk “Nggak Cuma Oktober”. Gelaran ini merupakan bagian dari Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Kampanye Relasi Publik. Sub-tema yang diangkat adalah “Pink Warriors”, tema ini dipilih karena menggambarkan tentang bagaimana perjuangan setiap orang yang harus melawan kemungkinan menjadi penderita kanker payudara.

Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan kampanye ini, diantaranya adalah pameran, permainan, talkshow, hingga pemeriksaan gratis. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan pada 4-8 Juni 2018 di atrium gedung Radius Prawiro UK Petra. Seluruh rangkaian kegiatan yang digelar bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kepedulian serta kesadaran civitas akademika UK Petra serta masyarakat sekitar kampus. Permainan yang dihadirkan adalah ular tangga raksasa dan pink choice game, dalam permainan ular tangga ini berisi informasi mengenai bahaya kanker payudara dan cara penanganannya, sementara pink choice game memberikan edukasi mengenai cara pencegahan dan langkah yang harus diambil ketika menemukan gejala kanker payudara. “Pameran ini terdiri dari beberapa booth, baik mading dan juga permainan-permainan ini. Setiap booth ini merupakan hasil karya masing-masing kelompok dari dua kelas mata kuliah kampanye relasi publik.,” ujar Vita Monica, S.Sos., M.Med.Kom., salah satu dosen pengampu mata kuliah kampanye relasi publik.

Selain booth permainan, terdapat booth mading, breastery, dan juga display figure. Mading berisikan informasi tentang pencegahan dini kanker payudara dengan visualisasi yang menarik. Untuk booth breastery (breast and mistery), dihadirkan dalam bentuk bra yang didalamnya terdapat visualisasi payudara dan berisikan informasi mengenai fakta, mitos kanker payudara, serta cara melakukan sadari (periksa payudara sendiri). Booth display figure terdiri dari beberapa pakaian manusia dengan cermin di bagian kepala berisikan info tentang gejala-gejala kanker payudara dengan penjelasan di sisi-sisi figur. Ilustrasi figur ini bertujuan agar pengunjung dapat lebih aware bahwa kanker payudara dapat menyerang siapa saja tanpa memandang status dan usia.

Pada Rabu, 6 Juni 2018, bekerja sama dengan Rumah Sakit Siloam Surabaya dilaksanakan talkshow dan pemeriksaan gratis. Talkshow ini menghadirkan dua orang pembicara yaitu Prof. Dr. Ami Ashariati,dr.SpPD-KHOM., seorang dokter ahli hematologi dari Rumah Sakit Siloam. Pembicara berikutnya adalah seorang survivor kanker payudara bernama Citra Kwanda. Citra membagikan pengalamannya sebagai seorang survivor kanker payudara, hingga dirinya dinyatakan bebas dari kanker payudara pada tahun 2013 lalu. “Ada dua hal yang Tuhan mau ajarkan bagi saya melalui semua yang telah saya alami. Pertama, Tuhan ajarkan untuk saya berserah ikut dalam prosesnya Tuhan, jika saya melawan proses yang Tuhan ijinkan, itu membuat saya semakin sakit. Yang kedua, saya diingatkan Tuhan untuk mengucap syukur, disaat saya mengucap syukur justru saat itulah semangat saya bisa ada,” ungkap wanita yang juga seorang aktivis Malaikat Tanpa Sayap ini.

Setelah talkshow, sebanyak kurang lebih 40 orang mengikuti pemeriksaan gratis yang dilakukan oleh dokter Rumah Sakit Siloam Surabaya, yaitu dr. Jenny dan dr. Tjoa Ellen Theodora Tjondro. (rut/Aj)


Berita lainnya