Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Dian Wulandari, Pustakawan Berprestasi 2018 Tingkat Kopertis VII

July 09, 2018

Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali berbangga! Kepala Perpustakaan UK Petra, Dian Wulandari, S.IIP berhasil meraih Juara 1 dalam kompetisi pustakawan berprestasi tingkat Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah VII pada bulan Maret 2018 yang lalu. “Saya tidak menargetkan apapun saat mengikuti kompetisi ini, saya hanya melakukan terbaik yang bisa saya lakukan untuk mengharumkan nama UK Petra hingga tingkat Nasional dengan penyertaan Tuhan Yesus”, urai Dian.

Bukan kali pertama Dian Wulandari atau biasa dipanggil Dian mengikuti kompetisi pustakawan berprestasi ini. Pada kompetisi Pustakawan Berprestasi kali ini, Dian mengangkat tema “Meningkatkan Minat Siswa Belajar STEM (Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika) melalui Science Film Festival (SFF)”. Hal ini dilatar belakangi pendidikan STEM yang masih belum memenuhi di kebanyakan sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. “Saya melihat data dari sebuah badan riset yang menyatakan bahwa pendidikan STEM untuk anak-anak Indonesia masih rendah. Oleh karena itu, saya mengembangkan SFF menjadi tidak hanya menonton, tapi juga ada kegiatan-kegiatan seperti workshop dan lomba,” jelas perempuan yang memiliki hobi menulis ini. Sehingga dengan adanya sistem ini, anak akan belajar secara fun dan kreatif.

Kompetisi ini terdiri atas dua babak. Pada saat babak penyisihan, Dian harus mengumpulkan berbagai berkas seperti karya tulis yang pernah dimuat di media massa, karya unggulan (paper inovasi yang nantinya akan dipresentasikan pada babak selanjutnya yang merupakan hasil kinerja pustakawan yang telah dilakukan di perpustakaan), hasil kerja pengabdian masyarakat (abdimas), serta berkas yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi pustakawan dan di bidang administrasi. Pada tahap ini, Dian berhasil menyiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan termasuk karya tulis unggulan dalam waktu hanya dua minggu. Tak sia-sia usahanya, akhirnya Dian berhasil maju ke babak selanjutnya.

Babak final yang digelar di Grand Whiz Hotel, Trawas, Mojokerto ini, Dian diminta untuk melakukan presentasi mengenai karya tulis unggulan yang telah dirancang sebelumnya. Disini, Dian menerangkan seluruh kinerja dan inovasi yang dilakukan untuk mengembangkan minat belajar siswa terhadap pendidikan STEM melalui cara belajar yang lebih inovatif yakni melalui SFF. Hasil presentasi Dian sangat memuaskan, karena berdasarkan penilaian tiga juri yang terdiri atas seorang Prof. Dr. Agustinus Ngadiman dari Universitas Widya Mandala dan dua pustakawan dari Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia di Jawa timur yakni Amirul Ulmun dari Universitas Surabaya (Ubaya) dan Munawaroh, S.S., M.Si dari STIE Perbanas, Dian berhasil mendapatkan peringkat pertama sebagai pustakawan berprestasi pada kompetisi ini.

Dari kompetisi ini, Dian merasa bangga karena dapat mengharumkan nama UK Petra di Jawa Timur. Tidak hanya di Jawa Timur, Dian akan maju mengikuti kompetisi tingkat Nasional pada bulan September 2018. Ketika ditanyai mengenai harapannya, Dian menjawab, “saya berharap agar teman-teman yang lain juga mencoba ikut dalam perlombaan-perlombaan seperti ini, sehingga nantinya dapat mengharumkan nama UK Petra dan tidak hanya itu tapi juga nama Tuhan.” (vka/Aj)


Berita lainnya