Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

UK Petra jadi Tuan Rumah Peksimida Jawa Timur 2018, Tangkai Lomba Komik Strip

September 14, 2018

Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia Jawa Timur (BPSMI Jatim) menggandeng Universitas Kristen Petra (UK Petra) dalam penyelenggaraan Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Jawa Timur 2018 untuk tangkai lomba Komik  Strip. Pada lomba ini, peserta yang meraih juara 1 akan otomatis terpilih mewakili Jawa Timur pada Peksiminas, Oktober mendatang. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UK Petra, R. Arja Sadjiarto, SE., M.Ak., Ak. Dalam sambutannya, Arja mengungkapkan, “kami menyambut saudara sekalian untuk terus berprestasi. Di tempat ini kita boleh bersaing, tetapi nanti saat di nasional kita adalah teman yang akan berjuang bersama membela Jawa Timur”.  

Peksimida merupakan babak seleksi tingkat provinsi untuk memperoleh kandidat yang akan mewakili provinsi pada Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas). Peksiminas merupakan kompetisi di bidang seni bagi mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud dengan menunjuk salah satu pengurus BPSMI sebagai panitia penyelenggara kegiatan. Peksiminas terdiri dari berbagai macam tangkai lomba, salah satunya adalah komik strip.

Lomba komik strip Peksimida Jawa Timur dilaksanakan pada 28 Agustus 2018 di Gedung P kampus UK Petra yang diikuti sebanyak 26 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Jawa Timur. UK Petra sendiri mengirimkan lima orang perwakilannya untuk berjuang di lomba komik strip ini. Tema Peksiminas 2018 adalah “Merajut Budaya Nusantara”. Untuk Peksimida tangkai lomba komik strip, peserta baru mendapatkan tema saat hari pelaksanaan lomba. Tema yang dipilih yaitu isu terkini nasional, peserta diberi waktu empat jam untuk menyelesaikan komik strip mereka. Peserta diharuskan menggambar minimal dua panel dan maksimal lima panel pada selembar kertas berukuran A3. Peserta juga dibebaskan memilih alat dan bahan yang digunakan.

Juri pada perlombaan ini merupakan praktisi dan dosen yang sudah tidak asing lagi dalam dunia komik. Mereka adalah Siswoyo, komikus dari harian Jawa Pos, Dra. indah Chrysanti Angge, M.Sn., dosen Seni Rupa di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan Hangga Gunadi, S.Sn yang merupakan seorang komikus. Aspek yang dinilai oleh tim juri mencakup kesesuaian karya dengan tema, penguasaan teknik, karya yang komunikatif, dan juga originalitas atau kebaruan karakter visual.

Pengumuman pemenang dilaksanakan pada hari yang sama. Juara 1 diraih oleh Muchammad Irsyadul Masluchi dari Unesa, juara 2 diraih oleh Regina Nathalia Elyzabeth Pandjaitan dari UK Petra, juara 3 diraih oleh Muhammad Reynald dari Unesa, juara harapan 1 diraih oleh Anisa Nada Suksmono dari UK Petra, sedangkan juara harapan 2 diraih oleh Shalsabila Nurul Lisa dari Universitas Airlangga.

Muchammad Irsyadul Masluchi mengaku tidak menyangka akan terpilih menjadi wakil dari Provinsi Jawa Timur di Peksiminas di Yogyakarta. Ia menceritakan bahwa ia telah mempersiapkan beberapa kemungkinan cerita dengan tema berbeda, dan secara kebetulan salah satunya sama dengan tema lomba. “Isu yang saya angkat adalah tentang Asian Games, tetapi saya tidak mengambil dari segi olah raga. Saya memilih isu tentang calo tiket Asian Games yang belakangan menjadi pembicaraan hangat di masyarakat,” pungkasnya. (rut/Aj)


Berita lainnya