Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

57 Tahun UK Petra Berkarya Bagi Bangsa

September 27, 2018

Rapat Terbuka Senat Universitas Kristen Petra dan Kebaktian Ucapan Syukur dalam rangka Dies Natalis ke-57 bersama sivitas akademika diadakan di Auditorium UK Petra kampus Timur pada 24 September 2018. Dalam sambutannya, Rektor UK Petra Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. menyatakan bahwa “walaupun penuh warna dan dihadapkan pada berbagai tantangan, baik internal maupun eksternal, kita dapat menjalani Tahun Akademik 2017/2018 dengan amat baik. Semuanya itu bisa terjadi hanya karena perkenan, pimpinan, pemeliharaan, kemurahan dan berkat dari Allah Tritunggal.”

Segenap keluarga besar UK Petra, Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) Petra, serta para wakil gereja pendukung turut hadir. Mengutip Roma 8:28, Pdt. Andreas Catur Wismantono, M.Min. menyampaikan bahwa UK Petra bisa sampai saat ini, adalah karena Kasih Karunia Tuhan Yesus. Allah turut bekerja sama di dalam segala hal, termasuk dalam perjalanan UK Petra selama ini. Ada rencana Tuhan yang telah Tuhan sediakan dalam segala hal dan kita semua disiapkan untuk penggenapan rencana Allah. “Bukan karena kebetulan Tuhan tempatkan rekan-rekan yang ada di UK Petra, tetapi Tuhan ingin membentuk setiap pribadi untuk kemuliaan nama-Nya,” ujar Pdt. Andreas Catur Wismantono, M.Min.

Melalui kegiatan ini, Rektor UK Petra juga berkesempatan menyampaikan Laporan Rektor tahun 2017-2018 di hadapan seluruh hadirin. Sesuai dengan visinya “to be a caring and global university with commitment to Christian values”, memasuki usia ke-57 UK Petra terus menggalakkan berbagai program dan kegiatan internasional dalam rangka mempersiapkan para lulusan untuk mampu berperan aktif dalam dunia global. Dalam tahun akademik 2017/2018 telah diselenggarakan beberapa program internasional non-degree yang bersifat short term, antara lain COP (Community Outreach Program), Indonesian Spectrum, Petra Summer Program, International Community Service Program, Work Camp, dan International Day 2018. Dengan semakin banyaknya program internasional di UK Petra, semakin terbuka peluang untuk menarik minat mahasiswa asing datang ke UK Petra, sehingga membuka kesempatan terjadinya internasionalisasi secara inbound di dalam kampus.

Selain itu banyak prestasi-prestasi yang telah dicapai UK Petra selama tahun akademik 2017/2018, diantaranya adalah di tahun 2018 ini, kembali UK Petra mendapatkan kepercayaan dari Kemenristekdikti untuk menjadi Perguruan Tinggi Asuh (PT Asuh) bagi 3 perguruan tinggi lain. Acara juga dimeriahkan dengan penyerahan beasiswa, penghargaan mahasiswa berprestasi, pegawai berprestasi, penghargaan Petra Kencana Karya dan penghargaan Petra Kencana Bhakti. Penghargaan Petra Kencana Karya diberikan kepada dosen dan pegawai UK Petra yang telah mengabdi selama 20 tahun, sedangkan penghargaan Petra Kencana Bhakti diberikan kepada dosen dan pegawai UK Petra yang telah mengabdi selama 30 tahun.

Pada semester gasal tahun ajaran 2018-2019 ini, beasiswa diberikan kepada 346 mahasiswa, dengan jumlah total Rp 3.037.165.000. Di sepanjang tahun 2017-2018 juga telah terukir 80 prestasi ekstrakulikuler yang diraih oleh 134 mahasiswa UK Petra, 15 prestasi tingkat regional, 50 prestasi tingkat nasional, dan 15 prestasi tingkat internasional. Pada kesempatan ini pula, UK Petra memberikan penghargaan kepada empat dosen dan tenaga kependidikan yang berprestasi di tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII.

UK Petra juga memberi penghargaan bagi program studi yang memiliki kinerja terbanyak dalam internasionalisasi, diantaranya adalah Program Studi Sastra Inggris dengan jumlah kegiatan internasionalisasi terbanyak, Program Studi International Business Management (IBM) dengan mahasiswa outbound terbanyak, serta Program Studi Desain Interior dengan mahasiswa inbound terbanyak.

Selanjutnya penghargaan diberikan kepada para dosen, program studi, dan fakultas yang memiliki kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat terbaik tahun 2018. Dosen dengan kinerja terbaik diraih oleh Antoni, S.T., M.Eng., Ph.D., dari Program Studi Teknik Sipil. Dosen sebagai peneliti pemula terbaik diraih oleh Yopi Yusuf Tanoto, S.T., M.T. dari Program Studi Teknik Mesin. Dosen dengan kinerja pengabdian kepada masyarakat terbaik diraih oleh Lily Puspa Dewi, S.T., M.Kom. dari Program Studi Teknik Informatika. Sedangkan program studi dengan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terbaik diraih oleh Program Studi Teknik Sipil. Fakultas dengan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terbaik diraih oleh Fakultas Teknologi Industri.

"Dalam kesempatan amat baik ini, saya mengajak kita semua mengingat kebaikan dan berkat Tuhan yang luar biasa untuk UK Petra dan untuk kita semua, sejak UK Petra didirikan tanggal 22 September 1961 hingga saat ini. Hanya berkat dan kemurahanNya yang mengijinkan UK Petra berkembang menjadi sebagaimana adanya sekarang ini. Ehen-haezer, sampai di sini Tuhan sudah menolong kita," tutup Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng.  (rut/Aj)


Berita lainnya