Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Rayakan 20 Tahun Bersama Alumni

October 18, 2018

Sejak tahun 1998, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra telah banyak menghasilkan orang-orang hebat yang memiliki kontribusi positif bagi masyarakat bahkan bagi bangsa dan negara Indonesia. Dalam rangka merayakan usia ke-20 tahunnya, DKV UK Petra bekerjasama dengan alumni mengadakan Festival Temu Alumni DKV UK Petra. “Ilmu desain sangat bergantung pada kreativitas dan imajinasi, Liar Imaji adalah gambaran ide-ide yang berbeda, unik, dan imajinatif. Selama 20 tahun kita memiliki ide-ide yang sangat brilian dan “liar” itu,” ungkap Deddi Duto Hartanto, S.Sn., M.Si., selaku ketua panitia Festival Alumni Rongpuluhan.  

Festival Alumni dilaksanakan pada 29 September 2018 di selasar gedung P UK Petra. Berbagai rangkaian kegiatan menarik dilaksanakan, yaitu zumba massal, bazaar dan pameran, workshop, community talk show, dan juga alumni berbagi. Tidak hanya melibatkan alumni, tetapi warga Siwalankerto dan civitas UK Petra diajak untuk terlibat dalam gelaran bertajuk Rongpuluhan Liar Imaji ini sebagai wujud terima kasih atas penerimaan warga kepada alumni saat aktif menjadi mahasiswa dulu. Acara resmi dibuka dengan pemotongan tumpeng dan pemotongan pita.

Sebagai perwujudan dari tema “Liar Imaji”, DKV UK Petra menggandeng para pemain Persebaya untuk membuat mural. Tiga pemain Persebaya yaitu Miswar Saputra, Ruben Sanadi, dan juga Osvaldo Haay membuat mural dari hasil tendangan mereka. Pemain persebaya secara bergantian menendang bola ke arah cat yang telah disusun di depan bidang putih. Cipratan cat ini menghasilkan karya mural yang unik. “Hasil tendangan dari para pemain persebaya ini menghasilkan karya seni yang indah, inilah salah satu perwujudan kata Liar Imaji. Seni dapat dipadukan dengan bidang apapun, termasuk sepak bola,” ujar Deddi.

Tidak hanya itu, berbagai workshop menarik dilaksanakan, di antaranya Color Latte Art yaitu seni menggambar diatas kopi yang bekerja sama dengan Kudos Cafe, Fashion Illustration oleh Agnes Olivia Go, Watercolor Lettering oleh Vallery Darmadji, dan juga Copperplate Calligraphy oleh Melli_fluous. Para pecinta motor juga dapat mengikuti Community Talk Show bersama alumni DKV angkatan 1999, David Hutani yang juga merupakan pemilik Im Garage dan juga Adrianka Anka, alumni DKV angkatan  2002, pemilik Elders Garage.

Sesi yang sangat dinanti adalah Alumni Berbagi, dimana alumni-alumni yang telah berkarya bagi masyarakat dan negara membagikan pengalaman mereka sejak lulus dari DKV UK Petra. Beberapa alumni yang hadir dan menjadi narasumber yaitu Adrianka Anka, angkatan 2002, founder Tandaseru Detailed Imaging dan pembuat motor Chopper Jokowi. Hadir pula Fonny Tunggal angkatan 2000 yang menjadi fashion designer sekaligus pemilik dari Fonny Tunggal Couture, rancangannya telah dipamerkan diberbagai fashion show seperti Indonesia Fashion Week dan pemilihan kontes kecantikan di Malaysia.

Alumni angkatan 2002, Arghubi Utama yang merupakan founder Aiola Group dan KUMI Home Décor, serta Ellen Anatashia, angkatan 1999, seorang artistic event stylist dan art director Eden Design juga turut membagikan kisah mereka. Hadir pula Astri Kunto, angkatan 1998 yang merupakan Co-Founder Seruni Creative Bandung, Bertono Adi, angkatan 2000, yang merupakan Creator Kudos Cafe. Selain itu, Flo Hadjon, angkatan 1999, seorang graphic designer dan sutradara film, serta Deni Lie, founder Dream entertainment, Edustory & Orleeozora juga turut hadir dalam sesi ini. Tidak hanya alumni, dalam sesi ini, Freddy H. Istanto selaku Kaprodi Pertama DKV UK Petra juga membagikan pengalamannya saat awal berdirinya program studi ini. (rut/Aj)


Berita lainnya