Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

UK Petra Raih Akreditasi Institusi A dan Anugerah Kampus Unggulan

December 04, 2018

Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali menuai prestasi. Kemarin (28/11) berita bahagia datang dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang mengumumkan melalui websitenya bahwa UK Petra mendapatkan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) A. Bersamaan dengan itu, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII (LLDIKTI Wilayah VII) juga menganugrahi UK Petra sebagai Perguruan Tinggi Unggulan untuk kategori Universitas.

Legalitas akreditasi perguruan tinggi ini tertuang dalam Surat Keputusan bernomor 323/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2018, menyatakan UK Petra meraih peringkat A. Sedangkan sertifikat Perguruan Tinggi Unggulan diterima langsung oleh Rektor UK Petra bersamaan dengan PT yang lain di Batu dengan nomer 145/L7/SK/KL/AKU/2018. “Puji syukur berkat penyertaan Tuhan keluarga besar UK Petra sangat bahagia mendengar kabar ini. Prestasi ini sebagai konfirmasi atas kerja keras, dedikasi dan kualitas unggul yang sudah dijaga selama ini”, ungkap Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng, selaku rektor UK Petra.

Berdasarkan data dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, saat ini di Indonesia tercatat ada 4.698 PT di Indonesia. Sedangkan sampai hari ini, yang terakreditasi baru berjumlah 1.805 dan hanya 73 Perguruan Tinggi di antaranya yang terakreditasi A. Akreditasi Perguruan Tinggi merupakan suatu proses evaluasi terhadap institusi pendidikan tinggi secara menyeluruh untuk menguji komitmen institusi tersebut terhadap penyelenggaraan akademik dan manajemennya berdasarkan standar akreditasi yang telah ditetapkan. Penilaian ini dilakukan setiap lima tahunan.

UK Petra sendiri telah melakukan persiapan cukup lama, sejak Agustus 2017. Kurang lebih selama satu tahun, tim akreditasi UK Petra telah menyiapkan borang yang dibutuhkan oleh BAN-PT. “Melaporkan apa yang sudah dikerjakan selama ini”, tambah Djwantoro.  Ada tujuh kriteria yang dinilai antara lain 1) Visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian Standar, 2) Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, 3) Mahasiswa dan lulusan, 4) Sumber Daya Manusia, 5) Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, 6) Pembiayaan, sarana dan prasarana serta sistem informasi, dan 7) Penelitian, Pengabdian Masyarakat serta kerjasama.   

Universitas yang berdiri sejak tahun 1961 ini terus berupaya mempertahankan prestasi bahkan telah mempersiapkan diri untuk akreditasi internasional. “Berita bahagia ini tidak berhenti sampai disini saja. Berikutnya menghadapi era disruptif kami sedang menyiapkan diri untuk memperoleh akreditasi internasional. Sebab zaman terus berubah dan kita perlu terus mengikuti perkembangan zaman, agar mahasiswa UK Petra siap menghadapi perubahan jaman ini”, urai Djwantoro saat ditemui di kantornya.

Lain halnya dengan anugerah kampus unggulan oleh LLDIKTI Wilayah VII, anugerah ini dilakukan setiap tahun. LLDIKTI setiap tahunnya mengevaluasi kinerja semua Perguruan Tinggi swasta di Jawa Timur. Sejak tahun 2009, UK Petra terus mendapatkan Anugerah Kampus Unggulan dari LLDIKTI Wilayah VII ini. Djwantoro menjelaskan, prestasi Akreditasi Perguruan Tinggi peringkat A dan Anugerah Kampus Unggulan ini merupakan hal yang amat penting. Selain sebagai tolak ukur kualitas PT dan tata kelola institusi tersebut. Bagi alumni, saat ini banyak perusahaan pencari kerja yang mencari lulusan yang berasal dari PT terakreditasi A. (Aj/dh)


Berita lainnya