Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Maknai Natal 2018 dalam Balutan Nuansa Korea

December 18, 2018

Memasuki Bulan Desember, hiasan dan pernak-pernik Natal nampak terlihat di berbagai sudut kampus Universitas Kristen Petra (UK Petra). Natal di UK Petra selalu berbeda dari tahun ke tahun, kali ini mengangkat nuansa dari Negara Korea. Mengangkat tema “크리스마스를 위한 집” (Chrismas rel wihan jib) atau “Home For Christmas”, dimeriahkan dengan berbagai acara.

“Tema Home for Christmas dipilih karena kami ingin supaya UK Petra dapat menjadi rumah bagi kita bersama untuk dapat melayani Tuhan,” jelas Agung Herwi Bantara, S.H., selaku Ketua Panitia Natal 2018. Rangkaian kegiatan Natal 2018 diantaranya Opening Ceremony dan Christmas Friendship, Natal Anak Pegawai, Lomba Korean Christmas Corner, Kunjungan Pensiunan Pegawai UK Petra, Kebaktian dan Perayaan Natal, serta Seminar Transformasi Pendidikan di Sumba yang akan dilaksanakan pada Januari 2019.

Opening Ceremony, Christmas Friendship dan Korean Christmas Corner

30 November 2018, atrium UK Petra tampak ramai oleh civitas UK Petra yang bersama-sama menyaksikan berbagai penampilan tari-tarian dari mahasiswa. “Sesuai dengan visi kita yaitu To be a Caring and Global University with Commitment to Christian Value, itu kita hidupi melalui perayaan Natal tahun ini yang bernuansa Korea. Momen ini juga mengingatkan kita kembali bahwa Kristus datang untuk semua bangsa, termasuk bangsa kita dan bangsa Korea,” ungkap Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng, selaku rektor UK Petra dalam sambutannya.

Dengan mengenakan pakaian adat Korea, Prof. Djwantoro dan R. Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak., selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UK Petra memukul alat musik tradisional bernama Janggu dan Ching sebagai simbol pembukaan rangkaian kegiatan Natal 2018. Lomba-lomba yang diadakan berlangsung meriah dan akrab diantaranya lomba membuat kimbap dan makan samyang.

Selain itu, segenap civitas juga dapat mengikuti lomba-lomba lainnya seperti lomba Korean Christmas Corner dan lomba selfie atau wefie yang pengambilan gambarnya dilakukan di setiap Korean Christmas Corner di BAAK, BAK, Prodi Ilmu Komunikasi, Unit Perbekalan, UPFK, LPM, dan Prodi Desain Interior.

Unit-unit dan prodi-prodipun tak ketinggalan untuk ikut memeriahkan Natal 2018 ini. Unit Perbekalan terpilh sebagai juara 1 dalam lomba Korean Christmas Corner, LPM terpilih sebagai juara 2, dan Sedangkan juara 3 diraih oleh BAAK.

Yesus Kebenaran Sejati

Dalam rangkaian Natal 2018 juga dilaksanakan perayaan natal bagi anak-anak pegawai. Perayaannya dilaksanakan pada Sabtu, 1 Desember 2018 tersebut mengangkat tema “Super Truth”. Sengaja memilih tema ini sebab untuk mengajarkan kepada anak-anak bahwa Tuhan Yesus adalah satu-satunya sumber kebenaran. Para mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ikut terlibat membantu dalam perayaan Natal anak 2018 ini.

Anak-anak dibagi menjadi dua kelas, kelas kecil adalah untuk anak-anak usia 0-9 tahun, sedangkan kelas besar adalah untuk anak-anak usia 10-13 tahun. Untuk kelas kecil, diceritakan tentang kisah perjalanan Paulus yang akhirnya menemukan kebenaran sejati yaitu Yesus Kristus. Sedangkan kelas besar diceritakan mengenai The Pilgrim's Progress, kisah seorang anak bernama Christian yang telah mencari berbagai macam hal untuk membuatnya bahagia, namun tidak ada yang lain selain kebenaran Tuhan Yesus.

“Tahun ini kami ingin perayaan Natal yang dapat menjadi wadah penginjilan bagi anak-anak, mereka dikelompokkan ke dalam kelompok kecil, sehingga mereka dapat turut terlibat, berinteraksi, dan dapat membuat sesuatu,” ungkap Kartika Bayu Primasanti, S.I.P., MA.Ed., selaku koordinator kegiatan Natal anak.

Kunjungan Pensiunan Pegawai UK Petra

Tak lupa dengan rekan-rekan UK Petra yang telah pensiun, Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian UK Petra rutin mengunjungi para pensiunan pegawai UK Petra. Kunjungan yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 4 dan 6 Desember 2018 ini memang rutin dilakukan setiap Natal.

Tak hanya memberikan bingkisan saja, kunjungan ini juga dalam rangka untuk berbagi sukacita Natal pada para pensiunan. Kali ini yang dikunjungi antara lain Amadi, dari Unit Pelayanan dan Pemeliharaan Kampus (UPPK); Appolos Soepardi dari UPPK; Mohammad Tohir dari UPPK, serta I Gusti Ayu Ketut Ariati, B.Sc, dari Biro Administrasi Akademik (BAA). Kunjungan dilaksanakan pada tanggal 4 dan 6 Desember 2018.

Home For Christmas

Perayaan Natal UK Petra berlangsung sangat meriah pada hari Jumat, 7 Desember 2018 di Auditorium UK Petra. Dekorasinya pun dipenuhi dengan hiasan seperti pohon-pohon cherry blossom bak di Korea, seluruh pengisi acara pun mengenakan pakaian tradisional Korea (Hanbok).

Bertajuk Home For Christmas, Pdt. Philip Andrew membuka Firman Tuhan dengan bacaan dari Lukas 2:6-7. Didalam keberdosaan manusia, seringkali manusia hanya melihat secara lahiriah, manusia lebih tertarik pada hal-hal yang kelihatan hingga lupa lihat yang didalam.

Kelahiran bayi Yesus di kandang domba merupakan bentuk kesederhanaan. Yesus lahir untuk menyelamatkan manusia dari dosa. “Melalui tema ini, kita membuka hati kita supaya Kristus lahir di hati kita, itulah natal yang sejati. Kita memberikan tempat kepada Yesus, ijinkan Dia menjadi Tuhan dan Juru Selamat satu-satunya bagi kehidupan kita,” ujar Pdt. Philip Andrew.

Dalam ibadah Natal ini, juga terdapat penampilan-penampilan menarik, seperti paduan suara dari Surabaya Korean Church dan juga penampilan alat musik tradisional Korea yaitu Gayageum oleh Kwon Ji Yun. Tak hanya itu saja, pengumuman dan pemberian hadiah bagi para pemenang lomba-lomba juga memeriahkan suasana. (rut,noel/Aj)


Berita lainnya