Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Prodi Teknik Elektro Gelar Kuliah Tamu bersama PT Bambang Djaja

January 03, 2019

Teknologi telah membantu umat manusia untuk dapat hidup lebih efisien dan mudah. Khususnya pada saat ini, perkembangan teknologi telah pesat di segala bidang. Joko Widodo selaku presiden Indonesia tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mendorong industri dalam negeri berkembang lebih. Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa, Program Studi Teknik Elektro Universitas Kristen Petra (UK Petra) mengadakan kuliah tamu berjudul “Technology Transformator” dengan membawakan narasumber dari PT Bambang Djaja Indonesia.

Kuliah tamu ini diadakan pada hari Jumat tanggal 16 November 2018 pukul 12:00 – 14:30 WIB di Ruang Konferensi IV Gedung W UK Petra. Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib untuk mata kuliah Mesin-Mesin Listrik bagi mahasiswa Program Studi Teknik Elektro dan untuk mata kuliah Teknik Tenaga Listrik bagi mahasiswa Program Studi Teknik Mesin. Chairul Arifandi, seorang Distribution Transformator Senior Advisor dari PT Bambang Djaja hadir sebagai narasumber kuliah ini.

Di dalam kuliah ini dibahas mengenai transformator (trafo) listrik secara lebih detail dan lebih mendalam. Revolusi industri 4.0 juga turut memaksa pemerintah Indonesia untuk bertindak. Dengan perkembangan teknologi, sekarang kita tidak perlu untuk import trafo lagi. Pemerintah Indonesia sedang gencar untuk mendorong industri dalam negeri untuk dapat memproduksi barang-barang yang selama ini hanya dapat kita peroleh dari luar negeri.

Hal ini juga dialami oleh PT Bambang Djaja sebagai produsen trafo distribusi dan trafo daya. Banyak diskusi dan pertukaran pikiran antar mahasiswa dengan narasumber terjadi dalam kuliah ini. “Kuliah tamu yang diberikan oleh Bambang Djaja lebih terasa seperti sebuah diskusi dari pada kuliah satu arah, hal ini sangat bermanfaat bagi kami selaku mahasiswa FTI karena permasalahan yang ingin kami ketahui sangat beragam dan dengan tanya jawab yang kami alami,” ucap Cedric Rahardjo, mahasiswa Teknik Mesin UK Petra salah satu peserta kuliah tamu ini.

Seusai kuliah tamu, akan direncanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk memperpanjang kerjasama. Kerjasama yang dilakukan adalah program magang di PT Bambang Djaja, penggunaan laboratorium tegangan tinggi, studi ekskursi Program Studi Teknik Elektro, dan lain-lain. Banyak alumni Teknik Elektro yang juga bekerja di PT Bambang Djaja. Oleh karena itu, hubungan yang sudah baik ini perlu untuk dipertahankan. “Saya berharap dengan adanya kuliah tamu ini, memberikan wawasan pada mahasiswa tentang prospek pekerjaan kedepan, supaya mereka tidak ragu untuk memilih industri yang seperti apa,” ujar Ir. Julius Sentosa M.T., IPM, dosen Program Studi Teknik Elektro sekaligus Kepala Laboratorium Sistem Tenaga Listrik UK Petra. (luk/Aj)


Berita lainnya