Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

UK Petra Jadi Tuan Rumah Pertemuan Forum Komunikasi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi BK-PT

January 18, 2019

Pertemuan Perdana Forum Komunikasi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia (BK-PTKI) dilaksanakan di Surabaya. Universitas Kristen Petra (UK Petra) menjadi salah satu universitas yang ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan yang dilaksanakan pada 10 Januari 2019. Pertemuan yang di gelar di Ruang Rapat Universitas ini diikuti oleh sebanyak 35 dosen perwakilan dari 10 universitas anggota forum dari berbagai wilayah di Indonesia.

Forum Komunikasi Bidang TIK merupakan forum kedua yang lahir dari BK-PTKI setelah Forum Perpustakaan. Sebelumnya pada 9 Januari 2019, para anggota forum mengikuti kegiatan workshop yang terdiri dari empat sesi dan juga sosialisasi perjanjian kerja sama di Universitas Ciputra. Di UK Petra, kegiatan dibuka oleh Rektor UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. “Bidang Teknologi Informasi dan komunikasi nantinya akan menjadi tulang punggung yang dibutuhkan oleh banyak orang dan program studi (prodi) lainnya. Prodi lainnya bisa jadi gagap menghadapi perubahan-perubahan di bidang TIK, jadi mari kita hadapi tantangan ini bersama-sama,” ujar Prof. Djwantoro dalam sambutannya.

Budi Susanto, S.Kom., MT. dari Universitas Kristen Duta Wacana yang terpilih sebagai Ketua Forum TIK BK-PTKI periode 2019-2022 menjelaskan tentang visi, misi dan tujuan dari forum. Selain meningkatkan kerja sama antar Program Studi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, forum ini juga memiliki misi untuk meningkatkan kualitas manajemen Program Studi bidang TIK di Perguruan-perguruan Tinggi yang handal berdasarkan iman kristen.

Salah satu dosen dari Program Studi Teknik Informatika UK Petra, Lily Puspa Dewi, S.T., M.Kom. menjabat sebagai Bendahara Forum TIK BK-PTKI periode 2019-2022. Forum TIK BK-PTKI terdiri dari empat bidang yaitu Bidang Pengajaran dan Kemahasiswaan, Bidang Penelitian, Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, serta Bidang Kerja Sama dan Kemitraan. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Ketua Forum TIK BK-PTKI dan perwakilan dari masing-masing Perguruan Tinggi. Isi dari perjanjian kerja sama telah terlebih dahulu disosialisasikan kepada peserta pada hari sebelumnya di Universitas Ciputra.

Dalam pertemuan ini juga diadakan diskusi panel dengan tema utama Perencanaan Program Kerja FTIKBKPTKI. Diantaranya kesepakatan-kesepakatan tentang agenda rutin pertahun, sharing kepakaran masing-masing, pelaksanaan workshop, kerja sama publikasi ilmiah dan jurnal yang diselenggarakan dan dikelola oleh anggota forum, serta menyelenggarakan konferensi ilmiah secara periodik. “Kita harus membangun kebersamaan agar masing-masing institusi kita seperti bagian dari tubuh Kristus untuk terus meningkatkan kualitas. Tujuan akhirnya adalah supaya kita bisa membawa damai sejahtera bagi bangsa dan negara ini,” ungkap Budi Susanto, S.Kom., MT., Ketua Forum TIK BK-PTKI. (rut/dit)


Berita lainnya