Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Kisahkan Sepenggal Kehidupan Pekerjaan Polisi Korea Lewat Film

April 01, 2019

Kebudayaan merupakan identitas dan aset penting suatu negara. Kebudayaan ini perlu diperkenalkan ke masyarkat dunia agar dapat menarik minat turis-turis untuk mengunjungi negara tersebut. Namun, memperkenalkannya tidaklah semudah yang dikatakan, harus disertai upaya kreatif agar dapat menarik minat masyarakat. Itulah yang dilakukan oleh King Sejong Institute (KSI) Surabaya di Universitas Kristen Petra (UK Petra). Hal ini diwujudkan dengan kegiatan Movie Day yang telah diselenggarakan pada Sabtu 23 Maret 2019 di CGV Marvell City Mall Surabaya.

King Sejong Institute adalah lembaga pendidikan bahasa Korea yang berpusat di Seoul, Korea Selatan. Movie Day merupakan kegiatan yang diadakan 2 kali setahun oleh KSI.

Kegiatan ini bertujuan untuk dapat memperkenalkan budaya Korea lewat penayangan film-film yang sedang hangat di Korea Selatan. Bulan Maret ini, Movie Day menayangkan film berjudul “Extreme Job”, yang telah menjual 10 juta tiket hanya dalam 15 hari penayangan di seluruh Korea Selatan. Total 233 peserta yang terdiri dari mahasiswa UK Petra dan peserta umum berpartisipasi dalam Movie Day ini. Sistem pendaftaran dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya apapun, peserta juga diberikan popcorn dan minuman secara cuma-cuma. Tidak hanya menonton, para peserta juga mendapat kesempatan untuk memenangkan doorprize yang menarik. 15 orang mendapatkan goodie bag dari CGV, dan 5 orang mendapatkan tumblr Starbucks yang diberikan oleh KSI.

Film “Extreme Job” menceritakan tentang kisah sebuah tim detektif narkotika yang ingin menangkap pengedar narkoba besar di Korea Selatan. Detektif Go, Jang, Young-ho, Ma, dan Jae-hoon bekerja sama menyamar menjadi pemilik restoran ayam goreng demi menangkap Lee Moo-bae, sang pengedar narkoba, dan anak buahnya. Namun, keadaan berubah ketika restoran ayam goreng milik detektif tersebut menjadi viral dan sangat sukses. Film ini bergenre komedi dan action ini disutradarai oleh Lee Byeong-heon dan berdurasi selama 111 menit. Aksi kocak aktor-aktor film ini berhasil mengundang gelak tawa dari seluruh penonton di studio. Bintang-bintang besar Korea seperti Ryu Seung-ryong, Lee Hanee (mantan Miss Korea 2006), tampil menghibur dalam film ini.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara KSI dengan CGV Marvell City. Selain mempromosikan budaya Korea, acara Movie Day ini juga bertujuan untuk mempromosikan King Sejong Institute Surabaya yang berlokasi di UK Petra. Selain Movie Day, KSI Surabaya juga memiliki beberapa kegiatan unik untuk promosi, seperti Culture Day, Lomba Menulis Hangeul, Festival K-Pop, dll. Seluruh kegiatan KSI ini tidak dipungut biaya apapun. “Saya berharap lewat acara ini dapat menarik minat peserta untuk dapat belajar budaya dan bahasa Korea dengan King Sejong Institute Surabaya.” ujar Dyah Sekarini, staff operator KSI Surabaya. (luk/padi)

Berita lainnya