Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Berkat Perilaku Semut, Mahasiswa Informatika UKP Sabet Juara 3 Computational Intelligence di Salati

May 06, 2019

Albert, Alexander Thomas Kurniawan Pratomo, dan Angelika Dibijo, mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Informatika UK Petra menorehkan prestasi juara ketiga kategori Computational Intelligence dalam kegiatan Faculty Of Information Technology 2019 (FIT Competition 2019) di UKSW, Salatiga. “Buat kami yang terpenting memberikan usaha yang terbaik dalam lomba. Seru dan menyenangkan karena kita diadu kemampuan selama 12 jam untuk mengerjakan program saat babak final”, ungkap Albert.  

Terdapat tiga kategori lomba, Albert dan kawan-kawan memilih  Computational Intelligence yang mengajak mahasiswa membuat pemecahan masalah terhadap studi kasus yang diberikan. Mereka harus melalui dua tahapan yaitu babak penyisihan yang diminta untuk membuat proposal. Kemudian enam kelompok dengan algoritma terbaik dipilih mengikuti tahap final di kota Salatiga untuk membuat program.

Studi kasus yang diberikan adalah bagaimana menyelesaikan Traveling Salesman Problem (TSP) yang merupakan permasalahan umum di bidang ilmu komputer. Alex dan tim memutuskan menyelesaikan masalah ini menggunakan metode Ant Colony Optimization (ACO). “Kami terinspirasi dengan perilaku semut di dunia nyata, dan kami mengembangkan teori yang sudah ada. Tidak semuanya ada dibangku perkuliahan jadi mengikuti lomba menjadi pengalaman sangat berharga”, urai Alex.

Algoritma ini menyelesaikan masalah komputasi dengan menemukan jalur terbaik melalui koordinat. Terinspirasi perilaku semut yang berjalan acak dalam menemukan jalur dari koloninya menuju makanan dengan meninggalkan kadar zat pheromone. Angel menjelaskan algoritma ini cukup kompleks sebab banyak perulangan yang dilakukan dan banyak hal yang dilakukan dalam satu perulangan itu. Akan tetapi algoritma ini cukup efisien dan cocok untuk menyelesaikan TSP. Hasil keluaran yang diharapkan adalah rute perjalanan dengan jarak terkecil dan total jarak tempuh (best distance) yang minimal.

Angel dan tim harus mempresentasikan selama 15 menit program yang telah dikerjakan mereka dihadapan tiga juri. Tak sia-sia usahanya, mereka mendapatkan piala dan uang sebesar Rp. 2.500.000,00,-.(Aj/padi)


Berita lainnya