Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Tetap Tersenyum dalam Pensiun

June 10, 2019

Tanggal 3 Mei 2019 yang lalu diadakan acara Ibadah Syukur Purna Tugas Mulyono di Ruang W303 Gedung W Universitas Kristen (UK) Petra. Pria kelahiran Surabaya, 8 Maret 1959 ini bergabung dengan UK Petra sejak 23 November 1979. Dikenal pendiam, Mulyono bertugas pada Unit Pelayanan dan Pemeliharaan Kampus (UPPK) dan ditempatkan di Gedung P.

Ibadah syukur ini dihadiri oleh sekitar 40 orang kerabat kerja Mulyono di UPPK, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Program Studi Desain Interior, Program Studi Desain Komunikasi Visual, serta Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK).  

Renungan sebagai bekal memasuki masa pensiun Mulyono yang dibawakan Herman Ignatius Caralius berjudul “Tetap Tersenyum di Masa Pensiun”. Herman memaparkan masa pensiun membawa banyak perubahan, dan perubahan tersebut bisa membawa serta kecemasan. Kecemasan ini kemudian dapat mempengaruhi jiwa, ketika seseorang mengalami kecemasan, kemampuannya untuk berpikir dan bertindak menjadi menurun. Untuk mengantisipasinya, seseorang perlu mengembangkan Kecerdasan Jiwa. Menurut Herman, jiwa bisa diartikan sesuai dengan arti harafiahnya dalam bahasa Sansekerta, yaitu “benih kehidupan”.

Herman memaparkan bahwa kecerdasan jiwa ini mengambil rupa dalam bentuk beberapa sifat baik yang berseberangan dengan sifat buruk. Mempunyai hati yang selalu bersyukur berseberangan dengan mengeluh. Mampu menghadapi penderitaan dan rasa sakit berseberangan dengan lemah. Mengambil sesuatu yg berharga dari sebuah kegagalan berseberangan dengan kecewa dan putus asa.

Herman menutup renungannya dengan memberikan ayat Firman Tuhan, Amsal 3 : 5-8. Herman merangkum ayat-ayat tersebut menjadi empat tip dalam menjalani kehidupan, yaitu Percaya pada Tuhan dengan segenap hati, Mengakui Tuhan dalam segala perbuatan, Tidak menganggap diri sendiri bijak, dan Takut akan Tuhan. Mulyono yang ditemani istrinya, Nunuk Wahyuningsih, serta anak ketiganya, Elsa Septia Herlina menyampaikan kegembiraannya bahwa meskipun ia memasuki pensiun, ia tetap dapat berkarya di UK Petra. Mulyono menyampaikan harapannya, katanya “Semoga saya tetap sehat. Semoga Elsa selesai kuliahnya (di UK Petra) dan bisa jadi orang penting”. (noel/Aj)


Berita lainnya