Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Be Impactful for Development

June 11, 2019

    Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali menggelar Petra Civil Expo (PCE) 2019. PCE 2019 hadir dengan tiga lomba yaitu Bridge Competition (BC), Earthquake Resistant Design Competition (ERDC), dan Lomba Kuat Tekan Beton (LKTB). Final PCE 2019 dilaksanakan pada 10-12 Mei 2019 di Chameleon Hall Tunjungan Plaza 6 lantai 5. “Melalui lomba ini, mahasiswa langsung menerapkan ilmu yang didapatkan dalam perkuliahan, seperti cara menghitung penyaluran beban pada rangka batang melalui pembuatan jembatan, bangunan tahan gempa dengan kayu balsa, serta perhitungan mix design dengan membuat beton dengan komposisi yang kuat dan ramah lingkungan,” ujar Florentcia Hartono, selaku Ketua Panitia PCE 2019.

Kurang lebih 1.113 peserta yang terbagi dalam kelompok-kelompok turut berpartisipasi dalam kompetisi ini. Pada babak final, untuk kategori BC tercatat 10 tim SMA dan 25 tim universitas, untuk kategori ERDC dan LKTB  diikuti oleh 10 tim universitas. Sebelumnya, pada bulan Maret, para peserta telah mengikuti babak penyisihan. “Tema yang kami angkat adalah Be Impactful for Development, melalui tema ini kami berharap karya yang dihasilkan berdampak bagi masyarakat dan Bangsa Indonesia,” sambung mahasiswi Teknik Sipil 2017 ini.

Pada hari pertama dilaksanakan final BC tingkat universitas dan ERDC, dimana peserta membuat karya langsung di tempat selama 6-9 jam, serta presentasi untuk finalis LKTB. Sedangkan presentasi dilaksanakan pada hari kedua bersamaan dengan final BC tingkat SMA.

Pada hari ketiga, seluruh karya finalis diuji penggetaran, penekanan dan pembebanan. Dalam kompetisi ini, para mahasiswa UK Petra berhasil meraih Juara II untuk ERDC dan Juara III untuk LKTB. Untuk BC tingkat SMA, Juara I diraih oleh SMAK Stella Maris Surabaya, sedangkan Juara II dan III diraih oleh SMAKr Petra 1 Surabaya. (rut/dit)


Berita lainnya