Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Inspirasi Dari 11 Komunitas di Surabaya, Mahasiswa Desain Interior Rancang Ruang Budaya

July 15, 2019

Sejumlah 99 mahasiswa program studi Desain Interior Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar pameran ‘Interior Design for Creative Community’ selama tiga hari berturut-turut pada 19 - 21 Juni 2019 di Gedung P lantai 1. Pameran ini menampilkan proyek akhir untuk mata kuliah Desain Interior & Styling 4 (DIS 4) yang mengimplementasikan Service Learning dengan metode Human Centre Design.

Kegiatan ini melatih mahasiswa untuk meningkatkan empati terhadap kebutuhan riil komunitas dan melaksanakan kolaborasi dalam menemukan solusi pemecahan desainnya.”, jelas kepala studio DIS 4, Dr. Laksmi Kusuma Wardani, S.Sn., M.Ds. Hasil rancangannya berupa perancangan kebutuhan ruang bagi 11 komunitas berbagai bidang yang meliputi seni, pariwisata, religi, sejarah, ilmu pengetahuan dan budaya di Surabaya.

Mahasiswa yang terbagi dalam sebelas kelompok ini awalnya mencari dan mengajak kerja sama komunitas-komunitas yang berbeda di Surabaya. Kemudian  mengidentifikasi dan menganalisis kegiatan dari komunitas, mahasiswa secara individu membuat perancangan desain ruangan yang sesuai dengan kebutuhan kegiatannya. 

Selain pameran, program studi Desain Interior juga mengundang komunitas untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan dari bidangnya lewat workshop dan talkshow. Panggung tempat diadakannya menjadi ajang unjuk kreativitas mahasiswa dalam styling panggung yang sesuai dengan tema yang dibawakan. Styling panggung juga diuji oleh dosen-dosen sebagai implementasi dari mata kuliah DIS 4.

Laksmi mengharapkan pameran ini mampu meningkatkan apresiasi, eksistensi, dan percaya diri mahasiswa serta mengembangkan tanggung jawabnya dalam menyajikan hasil solusi pemecahan kepada masyarakat luas dan civitas kampus khususnya. “Saya ingin agar mahasiswa termotivasi untuk lebih lagi mengembangkan kompetensinya dalam bidang perancangan, penyajian dan presentasinya.”, tambahnya. (stf/padi)


Berita lainnya