Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Mengenal Dunia Fotografi Lewat Imagraph

August 02, 2019

Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar acara Imagraph pada 13-15 Juni 2019. Imagraph terdiri dari tiga kegiatan utama, yaitu workshop, talkshow, dan juga pameran karya foto. 

Pameran dilaksanakan di selasar gedung Q UK Petra, dengan memamerkan sebanyak 71 karya foto mahasiswa. Sebelumnya mahasiswa secara berkelompok melakukan proses pengambilan gambar dengan berbagai kategori yang diberikan, mulai dari objek manusia, barang-barang komersial, benda konseptual, hingga hasil editing berupa digital imaging. “Karya-karya ini merupakan hasil karya dari para mahasiswa mata kuliah Fotografi satu dan dua. Mereka diperbolehkan menampilkan berbagai ekspresi seperti yang mereka inginkan dan dituangkan dalam foto,” terang Aryabhama Citta Salaka sebagai ketua pelaksana pameran Imagraph.

Dalam Imagraph, workshop yang diselenggarakan yaitu workshop kamera analog. Workshop ini diikuti oleh sekitar 20 peserta yang merupakan mahasiswa DKV UK Petra dari berbagai semester. Para peserta diajar untuk mendapatkan foto yang bagus dengan memakai kamera analog. Sebelum itu, mereka dibekali dengan materi didalam ruangan tentang bagian-bagian kamera analog tersebut. Tak hanya dilatih teknik pengambilan gambar, para peserta juga belajar hingga tahap terakhir, yakni pencetakan rol film.  “Kamera analog memiliki beberapa fitur yang terbatas, seseorang yang ingin memakainya harus penuh perhitungan. Dengan pengaturannya yang serba manual, harus diperhatikan ketepatannya, karena hasil foto bisa terlalu gelap atau terang,” kata Arybhama.

Pada hari ketiga, dilaksanakan talkshow yang mengundang dua mahasiswa DKV UK Petra untuk menjadi narasumber. Mereka adalah Nikita Olivia dan Reyner Valiant. Keduanya membagikan pengalaman terkait dunia fotografi dan cara membagi waktu sebagai mahasiswa dan seorang freelancer fotografer. (mgn/dit)

 


Berita lainnya