Berita

Ajak Gemar Minum Jamu Lewat Desain Packaging Yang Menarik

Blog Single

Ellen Violetta, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra (UK Petra) berhasil menorehkan prestasi dalam kompetisi  Ultigraph yang diselenggarakan oleh Universitas Multimedia Nusantara. Mahasiswi semester tujuh ini meraih Juara I untuk kategori Packaging Design. Pada babak penyisihan, peserta diminta mengirimkan konsep dan desain dalam bentuk pdf. Kemudian tujuh konsep terbaik diminta mengirimkan karya untuk dipamerkan dalam pameran ultigraph.  

Peserta diminta membuat desain packaging sebuah produk secara individu dengan menarik dan sesuai kegunaan. Peserta mendesain minimal tiga packaging yang mengandung produk yang sama, Ellen membuat desain packaging untuk produk jamu. Sebagai minuman tradisional Indonesia, banyak orang,  terutama anak muda mulai meninggalkan jamu dan beralih ke minuman – minuman kekinian. “Saya sendiri suka minum jamu, menurut saya ada banyak faktor yang menyebabkan orang tidak mau minum jamu, salah satunya adalah faktor kemasan. Kemasan jamu yang ada saat ini memang kurang menarik secara visual sehingga mengurangi minat orang untuk mencoba atau membeli produk jamu tersebut,” ungkap alumni SMA Karitas III Surabaya ini. 

Ellen membuat kemasan jamu beras kencur dengan menggabungkan kesan modern dan tradisional. Beras kencur dipilih karena memiliki banyak manfaat, selain itu beras kencur juga memiliki satu problem yaitu endapan di dasar botol yang merupakan sari beras kencur, namun seringkali dianggap sebagai ampas. Berangkat dari problem tersebut, Ellen mendesain label pada botol untuk membuat orang membalik botol tersebut tanpa mereka sadari, yang apabila kemasan botol berdiri normal maka akan terlihat wajah seorang ibu, namun saat botol di balik maka akan terlihat seperti seorang putri. “Dengan label tersebut harapannya dapat mengundang rasa penasaran karena ingin melihat seperti apa wajahnya bila di balik dan pada akhirnya sari tersebut turun kebawah dan tercampur,” ujar Ellen. (rut/Aj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.