Berita

Cegah Penyebaran Covid-19 Mulai Dari Diri Sendiri

Blog Single

Pemerintah Republik Indonesia merilis situs www.covid19.go.id sebagai sumber edukasi bagi masyarakat. Ada tiga hal penting yang harus kita ketahui terkait COVID-19, yaitu cara mengurangi risiko, cari informasi yang benar, serta apa yang perlu dilakukan apabila sakit.

Tips mengurangi risiko terjangkit COVID-19 adalah menjaga kebersihan dan mengurangi kontak langsung (Social Distancing). Beberapa langkah praktis yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan adalah:

  1. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik.

  2. Selalu mencuci tangan dengan sabun saat tiba di rumah, tempat kerja atau sekolah, sebelum makan atau menyiapkan makanan, setelah menggunakan toilet, dan lain sebagainya.

  3. Menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat saat batuk atau bersin, atau gunakan tisu untuk menutup.

  4. Hindari menyentuh wajah karena mulut, hidung, dan mata dapat menjadi pintu masuk virus.

Social distancing (mengurangi kontak dengan orang lain) adalah himbauan yang perlu dipahami dan diamalkan bersama-sama agar dapat efektif mencegah penyebaran wabah ini. Untuk melakukannya, beberapa hal ini dapat diterapkan:

  • Jaga jarak kurang lebih 1 meter dengan orang lain. 

  • Hindari pertemuan besar (>10 orang).

  • Jangan pergi ke sarana kesehatan kecuali diperlukan. Anak-anak, lanjut usia, dan orang dengan penyakit tertentu memiliki risiko terpapar lebih besar.

  • Beri dukungan pada anggota keluarga ataupun tetangga yang terinfeksi memanfaatkan teknologi, misalnya melalui telepon ataupun WA.

Hal yang tidak kalah penting adalah berhati-hati dalam menyebarkan informasi. Apabila menerima informasi, kita perlu memverifikasi informasi tersebut pada sumber informasi yang sahih. 

Jika Anda merasa tidak sehat, demam, lelah dan batuk kering, istirahatlah yang cukup di rumah dan cukup minum. Bila keluhan berlanjut, atau disertai dengan kesulitan bernapas (sesak atau napas cepat), segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan. Pada saat berobat ke fasilitas layanan kesehatan gunakan masker. 

Kepala Klinik Pratama UK Petra, dr. Erfiani menyampaikan pentingnya kesadaran diri sendiri dalam mencegah penyebaran Covid-19, katanya, “Pencegahan sebaiknya dimulai dari diri sendiri. Yang utamanya adalah membiasakan diri untuk mencuci tangan minimal 20 detik. Apabila tidak ada air mengalir untuk cuci, baru memakai hand sanitizer. Selain itu harus ingat social distancing, yaitu menjaga jarak dari orang lain paling dekat 1 meter”. Klinik Pratama UK Petra selama masa study from home UK Petra, tetap memberikan pelayanan kepada civitas dan masyarakat umum setiap hari Senin – Jumat pukul 08.00-12.00. (noel/padi)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.