Berita

Kampanyekan Pencegahan Kekerasan Terhadap Wanita Lewat Poster

Blog Single

Program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra (UK Petra) boleh berbangga. Salah satu mahasiswa nya, Jennifer Ivanto, meraih juara III pada kompetisi Ultigraph kategori Campaign Poster Design yang diselenggarakan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Jakarta. Jennifer menerima sertifikat dan plakat sebagai penghargaan terhadap prestasinya tersebut. “Saya sudah lama ingin mengikuti kompetisi ini karena dilaksanakan di luar Surabaya. Kompetisi ini pun cukup terkenal di kalangan mahasiswa DKV UK Petra.”, ujar alumni SMA Kristen Petra V tersebut.

Ultigraph kategori Campaign Poster Design mengambil tiga tema, yaitu sampah plastik, bullying, dan kekerasan terhadap wanita. Jennifer mengambil tema kekerasan terhadap wanita guna menampilkan keunikannya di antara poster-poster lainnya yang mayoritas bertema sampah plastik. Ia sempat mengalami kesulitan dalam mendesain posternya, namun berhasil menuangkan idenya sehari sebelum deadline tanggal pengumpulan, 5 Oktober 2019.

Poster yang didesain Jennifer berjudul Be Gentle, man. “Lewat poster ini, saya ingin menggambarkan pria yang diberi label gentleman belum tentu gentle (lembut) terhadap pasangannya.”, jelas Jennifer. Ia menggambarkannya dengan tangan pria yang mengenakan jas memberi bunga, namun juga mengenakan sarung tinju. Di sebelah tangannya, ada bayangannya yang menyerupai tangan yang mengepal, menyimbolkan sifat aslinya yang anarkis. (stf/padi)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.