Berita

Kampung Binaan Mahasiswa Iii

Blog Single

Kampung Ikan Kerapu yang terletak di kelurahan Perak Barat, Surabaya Utara masih memerlukan perbaikan di beberapa bidang. Kurangnya kualitas pendidikan dan minimnya lapangan pekerjaan di daerah setempat membuat warga Kampung Ikan Kerapu tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang sepadan. Hal ini menjadi perhatian para mahasiswa Universitas Kristen Petra yang tergabung dalam Badan Ekesekutif Mahasiswa (BEM UK Petra) menggelar kegiatan tahunan bertajuk Kampung Binaan Mahasiswa III (KBM III) yang bertema “Deep Impact”, diadakan pada 15 Februari 2020.

"Perekonomian warga masih belumlah merata, karena itu kami ingin membantu dengan memberikan keterampilan supaya  masyarakat tidak bergantung pada orang lain, namun bisa mempunyai usaha sendiri di kemudian hari". ungkap Angeline Chrisella Rifantri selaku Ketua Panitia KBM III.

KBM III ini dibagi menjadi tiga kunjungan yang terdiri dari pendidikan, kewirausahaan dan lingkungan. Kegiatan ini melibatkan warga Kampung Ikan Kerapu RW 3, Sekolah Dasar Ikan Kerapu dan 60 mahasiswa UK Petra dari berbagai program studi.

Dalam bidang pendidikan, mahasiswa melatih siswa SD membuat wayang berbahan dasar botol plastik. Di bidang kewirausahaan, warga diajarkan membuat sabun cair yang didampingi oleh dosen Program Studi Desain Interior UK Petra yaitu Andereas Pandu Setiawan, S.Sn., M.Sn. sedangkan di bidang lingkungan, mahasiswa bekerja sama dengan Pelita Insan Tahana (PIT) membuat urban farming di Lapangan Kampung Ikan Kerapu. Pertanian Urban ini mengajarkan menanam berbagai bibit tanaman yaitu  sawi, bayam, cabai dan terong. (mgn/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.