Berita

Lima Program Studi Uk Petra Raih Akreditasi Internasional

Blog Single

Lima Program Studi Universitas Kristen Petra (UK Petra) berhasil meraih Akreditasi Internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Kelima Program Studi (Prodi) tersebut yaitu Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Informatika. IABEE merupakan organisasi independen nirlaba yang didirikan sebagai bagian dari lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi di bidang teknik dan computing. IABEE merupakan salah satu lembaga akreditasi internasional dibawah naungan Washington Accord yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama lembaga lainnya.

“Melalui keputusan dan dorongan Rektor dan Wakil Rektor bidang Akademik, kelima Prodi diminta untuk mengajukan akreditasi internasional IABEE ini. Kelima Prodi tersebut sudah beberapa kali status akreditasinya mendapat nilai A karenanya harus naik tingkat untuk berstatus akreditasi internasional,” ungkap Dr. Juliana Anggono, S.T., M.Sc., Dekan Fakultas Teknologi Industri UK Petra.

Dengan pendampingan dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), kelima Prodi telah mendapatkan pembekalan melalui beberapa kali workshop terkait persiapan pengajuan Provisional Accreditation (PA) sejak Desember 2018. Dilanjutkan pendaftaran untuk pengajuan PA oleh LPM pada April 2019, menyerahkan dokumen Profil Program Studi dan Laporan Evaluasi Diri pada Juni 2019. Kemudian visitasi dilakukan pada 21 Oktober 2019 dan pengumuman pada akhir Maret 2020.

Untuk mengajukan Provisional Accreditation, program studi harus terakreditasi BAN-PT minimum dengan status Akreditasi B. Selain itu Prodi diharuskan telah mengimplementasikan kurikulum Outcome-Based Education (OBE) minimum selama 1 tahun dan semua Prodi diatas telah memiliki kurikulum OBE sejak tahun 2016. “Di UK Petra sendiri, kurikulum OBE telah dilaksanakan, meskipun belum sepenuhnya terlaksana, terutama di bagian asesmen kelulusan mahasiswa. Karenanya pengajuan akreditasi ini dimulai dulu dengan tipe Provisional Accreditation (PA) karena belum pernah dievaluasi oleh IABEE dan untuk persiapan nanti menuju ke General Accreditation (GA),” ujar Juliana.

Kelima Prodi yang saat ini telah mencatatkan prestasi Provisional Accreditation  tidak lantas berpuas diri, melainkan sedang dan akan terus bersiap menuju General Accreditation (GA). (rut/padi)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.