Berita

Membangun Awareness Mengenai Compulsive Buying Disoder

Blog Single

Kabar membanggakan datang dari tiga mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2017 Universitas Kristen Petra (UK Petra). Hizkia Nihand H. Antonius Adika, dan Louise de Marillac berhasil meraih Juara II dalam kategori Creative Content pada lomba Komunikasi Fiesta 2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Widya Mandala (UKWM) Surabaya yang diadakan pada 25-28 Februari lalu. Awalnya lomba ini telah diselenggarakan di UKWM namun karena adanya virus covid-19 tahapan lomba selanjutnya dilakukan secara online. Dengan mengangkat tema “Compulsive Buying Disoder” (CBD),sebuah gangguan mental yang diakibatkan dari perilaku belanja secara kompulsif. Karena gangguan mental ini sangat dekat dengan anak muda, dan menurut hasil dari pencarian data dan pengamatan sehari-hari banyak anak muda yang suka berbelanja karena tergiur oleh iklan yang ditawarkan. Oleh karena itu tema ini diangkat untuk meningkatkan awareness terhadap gangguan mental ini.

Salah satu kesulitan yang dihadapi saat di tahap babak final untuk mencari talent yang akan menjadi aktor karena saat itu terdapat himbauan untuk social distancing dan waktu pengerjaan yang sangat terbatas. Hal itu tidak menyurutkan semangat mereka untuk bersungguh-sungguh mengikuti kompetisi tersebut.

“Kami terinspirasi dari salah satu program lawas dr JTV, yaitu program B-Cak, yang dimana merupakan acara berita dengan pembawaan lucu dan berunsur komedi. Setelah itu kami shooting dan editing. Proses editing merupakan proses yang cukup menguras tenaga, karena kami baru sempat mengedit h-1 hari batas  pengumpulan” ujar Antonius Adika. 

Ketiga mahasiswa ini mengaku cukup senang meskipun di tengah wabah covid-19, namun mereka tetap bisa berprestasi dan produktif melakukan hal positif bersama-sama  dengan segala keterbatasan yang ada. Mereka membawa pulang plakat, sertifikat dan uang tunai yang akan diserahkan setelah pandemi ini membaik. “Hal ini tentu tidak berhenti sampai sini saja, next time kami akan mencoba untuk meraih peringkat yang lebih baik. Kami akan memberikan ide yang lebih gila lagi untuk kedepannya”. Ujar Hizkia. (mgn/padi)

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.