Berita

Retreat Pegawai 2020 : Membangun Komunitas Yang Berpusat Pada Injil

Blog Single

Pada 16-18 Januari 2020, segenap civitas Universitas Kristen Petra (UK Petra) melaksanakan retret pegawai. Retreat yang dilaksanakan di EE Center Indonesia, Malang ini mengangkat tema "Gospel-Centered Community" (Komunitas yang Berpusat pada Injil). Tema tahun ini merupakan kelanjutan dari tema retreat 2019 yaitu “Gospel-Centered Spirituality”. “Retreat ini dirancang supaya setiap kita mempunyai waktu sejenak keluar dari rutinitas kita, menikmati kebersamaan, saling mengenal, belajar bersama, sehingga kita bisa dikuatkan menjadi suatu komunitas yang berpusat pada injil”  urai  Samuel Soegiarto, S.Th., M.Th., selaku Ketua Panitia Retreat 2020.

Sebanyak 118 peserta yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan, berproses bersama untuk dapat menjadi komunitas yang berpusat pada Firman Tuhan. Terdapat tiga pembicara dalam Retreat tahun ini, yaitu Joy Manik, S. Th., M. Div., Pdt. Titus Liem, dan Samuel Soegiarto, M.Th. Joy Manik, S. Th., M. Div. melalui sesinya berbicara mengenai “What’s wrong with community today?” dan “Gospel-centered community”. “Apakah relasi kita dengan sesama membuat kita dekat dengan Tuhan? Banyak orang yang tidak mengerti, tidak memahami tentang relasi. Sehingga apa yang menjadi sumber utamanya terganggu, dan kehadiran Kristus tidak nampak dalam komunitas tersebut,” ujar Joy. 

Sementara Pdt. Titus Liem, melayani dalam dua sesi dan berbicara mengenai “The Art of Rebuke” dan “The Art of Forgiveness”. Tuhan ingin membangun kehidupan komunitas kristen yang berkenan kepadaNya, tetapi saat menegur memang bukanlah sesuatu hal yang mudah, karena akan menimbulkan dampak dalam hidup. “Dalam kehidupan kita, Tuhan seringkali menaruh orang-orang di dekat kita, di tempat kerja, di lingkungan, di gereja. Tujuannya adalah Tuhan ingin kita menjadi satu pribadi yang bukan hanya berdiri seorang diri, namun Tuhan ingin membentuk kita lewat orang-orang yang Tuhan taruh di sekitar kita, dan salah satunya adalah melalui teguran,” ungkap pendeta yang melayani di Yogyakarta ini. 

Dalam Retreat ini pula, para pemimpin UK Petra menyampaikan sharing kepada para peserta. Selama retreat, peserta yang telah terbagi dalam kelompok-kelompok berlomba untuk menyelesaikan misi, bermain games, serta talent show bagi pegawai baru yang ditampilkan saat malam keakraban pegawai. (rut/padi)

-- Untuk foto-foto lainnya dapat dilihat di Galery Foto Retreat 2020 --

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.